blank
Raker Koni Kota Magelang membahas pemilihan calon ketua umum Koni 2021-2025, (Dok Koni)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dua kenshi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Magelang akan bersaing ketat namun sportif, memperebutkan jabatan Ketua Umum Koni kota setempat periode 2021-2025.

‘’Kedua calon itu adalah Kholid Abidin dan Ali Sungkar. Calon lain yang berminat silakan daftar, karena pendaftaran ditutup pada 22 April 2021,’’ kata Ketua Penjaringan Calon Ketua Umum Koni Kota Magelang 2021-2025, Catur (cabor PBSI), Selasa (20/4).

Didampingi panitia lainnya, Sutomo Hariyanto (Pelti), dia menerangkan, panitia penjaringan dibentuk sesuai keputusan rapat kerja Koni Kota Magelang dipimpin Plt Ketua Koni, Subarkah, Senin sore (19/4) di Aula Kantor Disporapar.

Panitia penjaringan terdiri sembilan orang diketuai Catur (PBSI), wakil ketua Zaenal Arifin (PASI) dan sekretaris Dewi Sari (Persosi). Anggota terdiri Sutomo Hariyanto (Pelti), Wagiman (Tarung Drajat), Argo Setyawan (Paralayang), Budi Setiyo (Tenis Meja), Hery Sutopo (Perkemi) dan Budi Susanto (Biliar).

 

 

 

 

 

 

blank
Panitia penjaringan membuka pendaftaran calon Ketua Umum Koni Kota Magelang 2021-2025, (Dok Koni)

Sebelumnya (19/4) diselenggarakan raker Koni Kota Magelang diikuti 33 cabor. Terdiri 29 cabor memiliki hak suara, dan empat cabor tidak mempunyai hak suara karena masa bakti kepengurusannya sudah berakhir.

Plt Ketua Koni Subarkah menjelaskan, calon ketua umum selain berdomisili di Kota Magelang, juga berpengalaman di organisasi keolahragaan.

Setiap calon harus mendapat dukungan tertulis minimal 25% atau 9 cabang olahraga, yang ditandatangani ketua umum dan sekretaris cabor yang sah.

Surat dukungan yang sudah diberikan, tidak dapat dicabut kembali. Satu cabor hanya boleh mendukung satu calon, dan bilamana ada surat dukungan ganda maka surat itu gugur.

Syarat lainnya, lanjut Subarkah yang menjabat Kabid Olahraga Disporapar Kota Magelang, calon tidak sedang menjabat sebagai pejabat publik dan menjadi unsur pimpinan parpol.

Juga tidak sedang berstatus terdakwa atau pernah tersangkut kasus hukum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, yang dibuktikan dengan surat pernyataan di atas meterai.

‘’Sesuai keputusan rapat kerja, pemilihan Ketua Umum Koni Kota Magelang 2021-2025 akan dilaksanakan 10 Mei 2021,’’ ungkap Subarkah.

 

Doddy Ardjono