blank
Sukarno ketika memberikan penjelasan kepada pengurus MGMP Prakarya SMP Kab. Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Para pengurus MGMP Prakarya SMP Kabupaten Jepara telah mengunjungi tokoh seni ukir Jepara, Sukarno. Karena perannya di dunia pendidikan yang sangat besar dalam pelestarian seni ukir, Sukarno sering disebut sebagai empunya seni ukir Jepara.

blank
Pengurus MGMP Prakarya di show room  Sukarno jalan Pemuda 33 Jepara

Kujungan 14 orang guru yang tergabung dalam  MGMP Prakarya SMP Kabupaten Jepara ini dipimpin langsung oleh ketuanya, Subagya Eka Santosa. Tujuannya untuk belajar dan sekaligus menjalin silaturrahmi  antara guru Mapel Prakarya sebagai pewaris keterampilan kerajinan seni ukir dan pemanfaatan limbah dengan sesepuh ukir Jepara.

blank

Disamping itu mereka ingin melihat secara langsung karya legendaris ukir Jepara, memberikan apresiasi terhadap karya ukir seniman besar serta “ngangsu kawruh” tentang seni ukir  dan cara cara memotivasi siswa agar cintaterhadap  ukir melalui proses pembelajaran.

blank

Menjawab pertanyaan Mahesti tentang bagaimana cara memotivasi siswa agar mau belajar ukirpak Karno mengungkapkan tips nya. “   Pertama  guru ketrampilan harus memiliki niat awal,  nawaitunya sebagai guru keterampilan itu harus kuat,” ujarnya.

blank

Kemudian menurut Sukarno siswa   dimotivasi agar senang terhadap keterampilan. “Caranya siswa   ditunjukkan karya – karya ukir  agar mengenal lebih dekat. Guru juga harus memberi contoh cara berkarya keterampilan,” paparnya.

blank

Disamping itu peran serta sekolah sangat penting dalam menyediakan sarana prasarana keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran,” tambah

Ia kemudian menunjukkan salah satu  murid seniornya,  Sutrisna yang juga hadir selaku wakil ketua MGMP Prakarya. “Dia sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dulu ketika sekolah di STM UKIR / SMIK . Hasilnya  sekarang dapat menjadi guru keterampilan yang potensial,” ungkap Sukarno.

blank

Sukarno juga berpesan kepada Subagya ES serta kepada semua guru yang hadir apabila ada kesulitan dan hal hal yang kurang paham tentang ukir bisa datang kapan saja ke rumah saya untuk menanyakan. Mengakhiri pertemuannya dengan MGMP Prakarya pak Karno berdo’a mohon kepada Allah SWT agar seni ukir Jepara dapat lestari.

Hadepe