Bupati Temanggung M Al Khadziq saat melakukan panen perdana buah kelengkeng jenis Kateki di kawasan wisata Agro Bejen Fruit Garden, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggun. Foto; Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID– Potensi pengembangan buah kelengkeng di Kabupaten Temanggung dinilai sangat bagus.Karena,wilayah Kecamatan Pringsurat pernah menjadi pusatnya buah kelengkeng.

“Tetapi dengan munculnya varietas-varietas buah kelengkeng yang baru, maka perlu penyesuaian. Dan, harus memobilisasi masyarakat agar nantinya bisa tetap bersaing,” kata Bupati Temanggung, M Al Khadziq pada panen perdana buah kelengkeng jenis Kateki di kawasan wisata Agro Bejen Fruit Garden.

Khadziq mengatakan, di Kabupaten Temangggung budi daya buah kelengkeng memang belum menjadi kegemaran masyarakat. Untuk itu, ia meminta Dinas Pertanian untuk terus mengembangkan buah kelengken jenis  Kateki tersebut.

Selain itu, ia meminta Dinas Pertanian  untuk  melakukan pembinaan khusus kepada masyarakat. Karena, potensi dari buah kelengkeng tersebut sangat bagus dan memiliki nilai ekonomi tinggi

Pada kesempatan itu, Khadziq mengapresiasi perkebunan moderen buah kelengkeng di Wisata Agro Bejen Fruit Garden di Kecamatan Bejen yang memiliki  konsep wisata petik buah  kelengkeng.

Menurutnya, ide pembuatan kebun buah tersebut sangat luar biasa yang  terdukung lokasi  sangat strategis. Yakni, di pinggir jalan raya penghubung antara kawasan pantura dengan lintas tengah Jawa Tengah.

“Saya berharap konsep petik buah kelengkeng di Bejen ini, dapat menjadi tujuan wisata, bahkan menjadi pariwisata andalan di Temanggung utara,” katanya.

Yon