blank
Kapolres bersama Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengecek mobil operasional yang akan digunakan untuk operasi Candi 2021. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Polres Wonosobo mulai Senin (12/4) menggelar operasi keselamatan lalu lintas Candi 2021. Operasi Candi 2021 tersebut lebih mengoptimalkan penindakan secara preventif guna menciptakan keselamatan di jalan raya.

Dalam kesempatan tersebut, ujar Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, jajaran kepolisian juga memanfaatkan operasi yang digelar selama 14 hari ke depan itu, untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran dan penularan penyaakit Covid-19.

“Operasi Keselamatan lalu lintas yang dilaksanakan merupakan operasi kemanusiaan. Sehingga yang dikedepankan adalah langkah preventif melalui pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat agar menaati aturan berlalu lintas,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan yang menjadi sasaran dalam operasi saat ini adalah keselamatan pengguna jalan, kelancaran arus lalu lintas dan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas maupun mematuhi maklumat Kapolri.

Maklumat Kapolri

blank
Kendaraan operasional yang siap digunakan dalam operasi Candi 2021. Foto : SB/Muharno Zarka

“Adapun maklumat tersebut intinya antara lain adalah agar masyarakat tidak berkerumun atau berkumpul-kumpul, sehingga dapat memutus dan mencegah mata rantai penyebaran virus,” terang dia.

Kepada para pengguna jalan juga akan diberikan pembinaan dan penyuluhan terkait protokol menjaga kebersihan dan kesehatan kepada penyedia jasa transportasi, penumpang maupun pengemudi.

“Sehingga dengan demikian masing-masing pihak diharapkan untuk bersama-sama berusaha mencegah penyebaran penyakit yang sekarang masih terus meningkat jumlah penderitanya,” ujar dia.

Tak hanya itu, Kapolres Wonosobo secara khusus juga menyampaikan pesan kepada anggota yang melaksanakan tugas untuk memperhatikan keselamatan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Prokes Covid-19 tersebut seperti senantiasa gunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari keramaian dan menjaga kesehatan (5M).

Muharno Zarka