blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Mulai Jumat (9/4/2021) ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen di stasiun dari sebelumnya Rp105 ribu menjadi Rp 85 ribu untuk setiap pemeriksaan.

Penurunan tarif ini berlaku di seluruh stasiun yang melayani pemeriksaan Rapid Test Antigen. Di wilayah Daop 4 Semarang, pelayanan Rapid Test Antigen ada di stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan dan Cepu.

blank
RAPID TEST – Calon penumpang kereta api tengah menjalani rapid test antigen. (foto: nino moebi)

“PT KAI memberikan alternatif bagi para calon pelanggan kereta api yang ingin melakukan pemeriksaan atau screening Covid-19 di stasiun dengan harga yang terjangkau baik melalui Rapid Test Antigen maupun GeNose C19,” kata Humas PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro.

SesuaiĀ  Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021, masa berlaku hasil negatif rapid test Antigen adalah 3 x 24 jam sejak dilakukan pengambilan sampel.

KAI berkomitmen untuk memastikan seluruh pelanggan KA jarak jauh telah memenuhi persyaratan yang telah diatur pemerintah. Jika ada yang tidak sesuai maka dilarang melanjutkan perjalanan dan tiket akan dibatalkan.

Krisbiyantoro menegaskan, untuk dapat melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen di stasiun, calon pelanggan harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Layanan Rapid Test Antigen saat ini telah tersedia di 43 stasiun yang merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya yaitu Rajawali Nusindo serta pihak-pihak lainnya.

Adapun rincian stasiunnya adalah Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten, Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Muara Enim, Prabumulih, Tebing Tinggi, Tanjungkarang, Kotabumi, dan Baturaja.

“Untuk Kota Tegal, bisa layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen bertempat di Gedung Birao atau eks Semarang Cheriboon Stroomtram (SCS) Jalan Pancasila Kota Tegal, tepatnya sebrang Stasiun Tegal,” ungkap Krisbiyantoro.

Sejak dibuka pada 21 Desember 2020 sampai dengan 5 April 2021, KAI telah melayani 493.014 peserta Rapid Test Antigen di Stasiun. Dan khusus di wilayah Daop 4 Semarang pada kelima stasiun yang melayani Rapid Test Antigen, sampai dengan tgl 7 April berjumlah 44.662 peserta.

Kereta Api merupakan moda transportasi yang mengutamakan keselamatan, memastikan pelanggan dalam kondisi aman dan sehat, serta konsisten menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat.

“KAI mendukung penuh upaya pemerintah dalam melakukan screening deteksi Covid-19 pada moda transportasi Kereta Api guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Krisbiantoro.
Nino Moebi