blank
Hj Mawar Hartopo bersama Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat pembukaan Muscab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Mawar Hartopo terpilih untuk memimpin Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus Periode 2021-2016. Isteri Plt Bupati Kudus HM Hartopo tersebut terpilih dalam Muscab yang digelar di Aula SMK Wisuda Karya, Rabu (7/4).

Terpilihnya Mawar Hartopo ini semakin melengkapi jabatan publik baik bidang politik maupun sosial yang dipegangnya. Selain juga menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus, Mawar juga menjadi Wakil Ketua DPC PKB Kudus.

Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus Hartopo yang juga merupakan Mabincab Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus dalam upacara pembukaan Muscab berharap dengan dilaksanakan Muscab ini dapat melahirkan program baru.

“Diharapkan melalui Muscab ini selain memilih Pengurus Kwartir, juga akan melahirkan program yang dapat menjadikan Pramuka semakin Diminati Generasi Muda,” ungkapnya.

Dikatakan Hartopo, bahwa bahwa Pramuka memiliki simbol berupa tunas kelapa yang memiliki makna seribu manfaat selayaknya pohon kepala yang dapat digunakan dari akar hingga daunnya, maka Gerakan Pramuka juga harus memiliki seribu manfaat bagi kehidupan bermasyarakat.

“Hal yang paling utama dalam gerakan Pramuka adalah dari segi kemanfaatan anggotanya. Pendidikan Pramuka juga Mengajarkan kemandirian, kerjasama, Kepercayaan diri, Kesehatan fisik dan mental serta moral yang luhur. Semua proses didalam Gerakan Pramuka dapat menjadikan manusia Unggul yang selalu bisa diandalkan dalam berbagai situasi Dan Kondisi,” terangnya.

Hartopo juga berpendapat, Muscab Ini memiliki peranan penting untuk mengevaluasi semua program yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan di masa mendatang. Artinya Muscab ini penting Untuk memilih Para Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Kudus  Untuk periode 5 tahun mendatang. Oleh karenanya, Plt. Bupati Kudus berharap sinergitas antara pengurus baru dan pengurus lama terjalin mesra sehingga mampu menghasilkan program Kerja yang dibutuhkan sesuai situasi dan kondisi terkini.

“Dimasa Pandemi Covid-19 ini, Gerakan Pramuka harus mampu dan merumuskan berbagai program yang bisa bermanfaat langsung kepada masyarakat. Dengan begitu Eksistensi Gerakan Pramuka Akan semakin dirasakan Dan senantiasa dirindukan Masyarakat. Dengan demikian, Pramuka Akan semakin diminati generasi muda Dengan membuat program yang menarik generasi muda, salah satunya dengan memanfaatkan Perkembangan Teknologi Informasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kwarda Jateng yang diwakili wakil ketua bidang Humas Heru Djatmiko mengatakan bahwa gerakan Pramuka yang telah dilakukan semoga memberikan kontribusi untuk kabupaten Kudus yang lebih baik.

“Selamat atas pelaksanaan Muscab kab. Kudus yang ke IX semoga berjalan dengan lancar dan menghasilkan musyawarah yang membawa kemaslahatan bersama. Dengan terpilihnya ketua masa bakti 2021-2026 nanti, semoga menjadi spirit gairah oleh anggota,” katanya.

Terakhir, Kakwarcab Kudus Sudjatmiko menambahkan bahwa gerakan Pramuka sebagai wadah yang diharapkan akan memberikan solusi terhadap masalah para pemuda.

“Gerakan Pramuka sebagai salah satu wadah untuk penyampaian serta penemuan solusi dari masalah yang dihadapi para pemuda. Dengan demikian diharap generasi muda dapat terbentuk karakter jiwa, iman, takwa dan berwatak pancasila dan bela negara.

Tm-Ab