blank
Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, Mujadin Putu Morja saat menyosialisasikan wajib pendidikan dasar di SD Negeri Salaman 1, Kabupaten Magelang. Foto: Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang bersama Komisi IV DPRD setempat, menyosialisasikan wajib belajar pendidikan dasar bagi para guru dan orangtua murid SD Negeri  Salaman 1, Kabupaten Magelang .

“Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Kepala Seksi Pengembangan Kompetensi Guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Yuli Samsulloh.

Yuli mengatakan,  pendidikan wajib  belajar 12 tahun sejalan dengan semangat untuk membebaskan Bangsa Indonesia dari kungkungan kebodohan dan kemiskinan.

Ia berharap, sekolah-  sekolah yang ada  di kabupaten Magelang mampu menjaga mutu untuk mewujudkan sumber daya manusia  Kabupaten Magelang yang bertaqwa, unggul dan berbudaya.

Menurutnya, kegiatan  sosialisasi wajib belajar pendidikan dasar tersebut, selain dilaksanakan di SD Negeri Salaman 1, kegiatan serupa juga dilaksanakan di  SD Negeri Ngadirejo, Kecamatan Salaman.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, Mujadin Putu Morja mengatakan, berbagai kebijakan dan strategi telah dilakukan  pemerintah, dan diharapkan dapat menjawab  persoalan-persoalan yang  ada  dalam penuntasan program tersebut.

“Hal itu terbukti dengan meluncurnya berbagai program dan kegiatan ke arah tersebut. Misalnya program BOS, BOS Buku, , program sosialisasi, KKN Wajar dan masih banyak program lainnya,”katanya.

Ia mengatakan, peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia di semua jenjang  pendidikan. Yakni, dengan telah mengeluarkan biaya yang besar, tenaga yang banyak, dan waktu yang cukup panjang.

Namun,  hingga sekarang mutu pendidikan masih tetap dirasakan sebagai tantangan yang cukup berat.

“Berbagai kebijakan dan strategi telah dan terus dilakukan sehingga diharapkan dapat menjawab  persoalan-persoalan yang  ada  dalam penuntasan program tersebut,” kata Mujadin.

Menurutnya, kebijakan strategi yang telah dilakukan pemerintah dengan meluncurkan  berbagai program dan kegiatan ke arah tersebut.  Seperti, program BOS, BOS Buku, , program sosialisasi, KKN Wajar dan masih banyak program lainnya.

Ia menambahkan, pemerintah secara simultan dan berkesinambungan sehingga diharapkan mencapai hasil yang optimal.

“Dengan, menyediakan tambahan daya tampung pada jenjang pendidikan dasar dan peningkatan mutu. Juga peningkatan penyelenggaraan layanan pendidikan yang baik,” ujarnya. Yon