blank
Mobil Patroli Polsek Karangayam Kebumen sedang menaikkan ibu hamil hendak melahirkan untuk dibawa ke Puskesmas rawat inap.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ini kisah pengabdian polisi di Kebumen sedang berpatroli di pelosok desa yang layak dijadikan contoh, karena sukses menyelamatkan ibu hamil.

Saat berpatroli ke Desa Giritirto yang berbatasan dengan Banjarnegara, petugas Polsek Karanggayam ditodong warga agar menolong wanita yang sedang hamil tua dan hendak melahirkan.

Sebagai polisi tentu harus siap menghadapi situasi apa pun. Maka gerak cepat dengan penuh keyakinan dilakukan anggota Polsek Karanggayam yang mengendarai mobil dinas pikap roda tinggi itu.

Adalah Kanit Binmas Polsek Karanggayam Aiptu Tugiyanto dan Bhabinkamtibmas Bripka Towil menyambangi  rumah warga Desa Giritirto. Tiba-tiba didatangi seorang pria pada Selasa (30/1).

Dengan penuh cemas, pria bernama Agus itu meminta tolong kepada petugas agar mengantarkan istrinya yang mengaduh kesakitan menjelang kelahiran anak ke duanya.

Pria itu menemui petugas patroli. Selanjutnya minta tolong untuk mengantarkan istrinya dengan mobil patroli polisi. Maklum di desa terpencil itu belum ada sarana ambulans.

“Kebetulan medan jalan di Karanggayam cukup berbukit dan berlubang.  Mobil patroli kami bisa melaluinya,”jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Tugiman, Jumat (2/4).

Petugas patroli pun segera menghampiri Anita Purwanti, istri Agus, yang sedang mengandung sembilan bulan dan sejak tadi mengaduh kesakitan agar naik ke mobil patroli.

Sepanjang perjalanan, petugas Polsek meyakinkan Anita dan suaminya jika mereka bisa tiba lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

Kondisi jalan yang rusak, dikhawatirkan akan membuat kontraksi janin yang akan membuat bertambahnya pembukaan. Petugas pun memilih rute aman untuk menyelamatkan kandungan Anita.

Bahkan polisi pun memilih jalur lain menghindari ruas jalan Giritirto-Logandu yang lumayan banyak berlubang untuk menghindari hal tersebut “Petugas kami naik melewati jalan Kalibening dan jalan Gunungsari. Alhamdulillah, mereka bisa sampai lebih cepat ke Puskesmas,” kata Iptu Tugiman.

Petugas Patroli akhirnya lega bisa mengantarkan Anita sebelum waktu persalinan. Setelah sampai di Puskesmas Karanggayam 2 di Desa Pagebangan, Anita langsung diterima oleh petugas medis.

“Alhamdulillah kita ikut senang. Jangan ragu meminta bantuan polis. Kami Polres Kebumen siap siaga 24 jam melayani warga,”ungkap Iptu Tugiman.

Komper Wardopo