blank
Kapolres Magelang (paling kiri) melakukan pengamanan di Gereja Muntilan, Kamis malam. Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba memimpin pengamanan kegiatan malam Paskah di Gereja St Antonius Jalan Kartini 3 Muntilan, Kabupaten Magelang, Kamis (1/4/2021) malam.

Menurut Kapolres, kehadiran dia untuk memastikan pengamanan di gereja sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Sehingga pelaksanaan pengamanan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan umat yang menjalankan ibadah.

“Malam ini saya hadir di gereja terbesar di Kabupaten Magelang ini untuk memastikan pelaksanaan pengamanannya di sudah sesuai prosedur dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Kapolres.

Dalam pengecekan pengamanan di gereja yang berada di Muntilan itu dinilai sudah sesuai prosedur. Di mana sebelum pelaksanaan dilakukan sterilisasi dan kebersihan tempat ibadah sesuai protokol kesehatan.

Kapolres menambahkan, aparat kepolisian dibantu oleh anggota ormas Islam dan petugas keamanan dari gereja, dalam melakukan pengamanan itu. Pengamanan yang dilakukan tidak hanya untuk gereja saja, tetaapi juga untuk masyarakat luas.

“Masyarakat Magelang jangan takut dengan ancaman terorisme, radikalisme, serta bentuk kejahatan lainnya. Termasuk kepada umat gereja yang akan melakukan perayaan Jumat Agung atau wafatnya Isa Almasih di wilayah Polres Magelang, Kami akan hadir di tengah masyarakat dan akan memberikan rasa aman serta nyaman kepada masyarakat,” tandas Kapolres.

Selain memimpin pengamanan Gereja St Antonius Muntilan, Kapolres juga ikut bergabung dengan Satuan patroli gabungan TNI- Polri berskala besar guna memantau beberapa gereja yang mengadakan kegiatan ibadah malam itu. Di antaranya Gereja St Yusuf Pandansari dan Gereja Bunda Maria Penolong yang berada di Wilayah Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Eko Priyono