Pengurus KOK Srumbung, tokoh masyarakat, berfoto bersama pengurus KONI Kabupaten  Magelang, Rabu. Foto: Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Bagus dan Bagas adalah kebanggaan masyarakat Kabupaten Magelang. Dua pemain bola ini adalah atlet bertaraf internasional.

“Masih perlu menggali bibit terpendam untuk menemukan olahragawan berprestasi lainnya,” kata Camat Srumbung Khoirul Anwar dalam acara pembentukan koordinator olahraga kecamatan (KOK) yang selenggarakan KONI Kabupaten Magelang, Rbu (31/3).

Pada acara di aula kantor kecamatan itu selebihnya Camat menyebutkan bahwa dua atlet internasional itu Bagas dan Bagus yang merupakan warga Desa Pancuran Mas, Kecamatan Secang.

Melalui KOK dia mengharap keterlibatan orang yang suka olahraga dengan sukarela. Sekretaris KONI, Agung Nugroho, menambahkan, olahraga harus disiplin. Kalau tidak disiplin susah mencari prestasi.

Ditegaskan, dia sudah bertemu Bupati membicarakan soal pengembangan olahraga. Menurut dia

Bupati Zaenal Arifin titip salam untuk para kepala desa. Di sisi lain Bupati berharap kades memajukan olahraga. “Olahraga  bisa mempersatukan bangsa,” katanya.

Dia sudah keliling ke sejumlah desa dan kecamatan. Ternyata banyak potensi olahragawan. Di Tegalrejo ada atlet Tae Kwon Do yang pernah bertanding ke tiga negara. Tetapi itu dibayar oleh orang tuanya secara mandiri.

Mantan Camat itu menambahkan, keberhasilan olahragawan bisa mengubah jalan hidup. Seperti pemain sepakbola Bagas dan Bagus kini sudah  mengubah jalan hidupnya. “Sekarang  kehidupannya sudah berubah walau belum bekerja,” katanya.

Tugas KONI adalah  mencari olahragawan, mencarikan pelatih dan mempertandingkan.  Sisi lain, selama ini sulit mencari bibit atlet berprestasi.

Maka kalau setiap desa menganggarkan alokasi dana desa (ADD) atau anggaran lain, itu dapat menopang pengembangan olahraga di pedesaan maupun tingkat kabupaten.

“Coba dikomunikasikan dengan pendamping desa dan masukkan rencana kerja pembangunan desa. Kita cermati dan manfatkan anggaran sebaik baiknya,” katanya.

Ditegaskan bahwa bupati akan memberikan hadiah dua rumah untuk dua olahragawan berprestasi. Dia belum tahu untuk siapa rumah seharga Rp 200 juta/unit itu.

Wakil Ketua KONI, Sanny Budi Tjahjono menambahkan, kalau setiap desa ada lima pengurus KOK, maka se kabupaten cukup banyak jumlahnya. Dengan demikian bisa mendukung pertumbuhan olahraga di daerah itu.

Adapun pengurus KOK Kecamatan Srumbung sebagai koordinatornya Kazis Fuadi yang merupakan Kades Mranggen. Sebagai anggota adalah  Nurohmad, Haryanto, Mashuri, dan Daryana.

Eko Priyono-wied