blank
Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah Amir Machmud NS melantik Pengurus PWI Kabupaten Semarang di The Wujil Resort, Bergas, Kabupaten Semarang. Foto: Widiyartono R

UNGARAN (SUARABARU.ID) –  Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS melantik Pengurus PWI Kabupaten Semarang periode 2021-2024 di The Wujil Resort, Bergas, Kabupaten Semarang, Senin (29/3/2021). Amir menyatakan bersyukur, setelah cukup lama, kini sudah bisa terbentuk kepengurusan PWI di Kabupaten Semarang.

Dikatakan, PWI menjunjung kemartabatan, profesionalitas, dan menjaga eksistensi. Organisasi profesi selalu membutuhkan wadah untuk bernaung. PWI dengan PD-PRT dan Kode Etik Jurnalistik menjadikan rumah besar bagi wartawan.

“Kami bersama-sama membangun kompetensi dan profesionalitas. Profiseonalitas diukur dari keterampilan teknis dan etis,” kata Amir.

Menurut Amir Machmud, PWI membangun eksistensi, PWI bersaing dengan organisasi lainnya seperti AJI dan IJTI dalam berkiprah.

“Eksistensi diukur bagaimana PWI diakui dan bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Semarang. Kami berharap PWI Kabupaten Semarang memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Semarang,” kata Amir.

Amir juga menyebut, pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan, yang perlu dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas dalam kerjanya. Juga tentang orientasi wartawan, sebagai dasar bagi wartawan untuk bisa mengetahui bagaimana berorganisasi, memahami permasalahan hukum yang berkaitan dengan pekerjaannya, untuk mengurangi sengketa terkait pemberitaan.

UU Pers No 40 Tahun 1999, menurut Amir, mengajak memecahkan persoalan terkait pemberitaan dengan manis. “Dalam undang-undang tersebut pihak yang merasa dirugikan diberi kesempatan untuk memberikan hak jawab, dan media harus bersedia memuat hak jawab tersebut sesuai ketentuan,” kata Amir.

Terima Kasih pada PWI Jateng

blank
Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto. Foto: ist

Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah yang secara khusus hadir dalam acara tersebut menyatakan terima kasih, karena memberikan perhatian kepada Kabupaten Semarang.

“Semasa saya di DPRD Kabupaten Semarang PWI Kabupaten Semarang belum terbentuk. Dan sekarang, baru bisa dibentuk. Terima kasih kepada PWI Provinsi Jawa Tengah,” kata Bambang Kusriyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang menyatakan, media itu ada dua jenis media hitam dan putih. Juga ada LSM baik dan LSM Jahat.

“Ini yang kita benahi bersama-sama. Biar mereka tidak jahat, kami di pemerintahan baik kepala daerah maupun DPRD harus baik,” kata Bambang.

Media harus menyampaikan secara objektif. Di Kabupaten Semarang, selama 15 tahun Bambang Kusriyanto sebagai anggota DPRD, jalinan hubungan dengan wartawan dan Forkompinda sangat baik.

Bambang menyebut bagaimana menggandeng media untuk turut serta mengawasi pembangunan dan juga mem-blow up keberhasilan pembangunan. Dicontohkan wartawan diajak untuk mengawasi pembangunan rumah sakit berlantai tujuh, yang ditujukan secara umum bagi warga miskin.

Bambang juga mengaku besar oleh media. Tagline  Bambang saka wong cilik kanggo wong cilik itusampai sekarang masih digunakan, dan itu dikembangkan oleh media.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan terima kasih atas kerja sama para wartawan di Kabupaten Semarang selama ini. Bupati berharap bisa saling mengisi antara pemkab dengan PWI Kabupaten Semarang. Bupati juga berharap agar Dinas Kominfo Kabupaten Semarang lebih intensif dalam berkomunikasi dengan PWI.

“Bila ada yang disampaikan, kami terbuka untuk menerima saran dan masukan. Kami ingin Kabupaten Semarang tetap kondusif, pada masa pandemi covid-19 ini,” kata Ngesti Nugraha.

Ketua PWI Kabupaten Semarang Rusmanto Budi Prasetyo yang baru saja dilantik mengatakan, Semarang agak unik, karena baru saja terbentuk kepengurusan. Rusmanto berharap, PWI kabupaten Semarang bisa bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Kami siap membantu menginformasikan kepada masyarakat, tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai. Juga menyosialisasikan program dan kegiatan kepada masyarakat,” kata Rusmanto.

Pengurus yang dilantik adalah: Ketua Rusmanto Budi Prasetyo, Wakil Ketua Ranin Agung, Sekretaris Dian Ade Permana, Bendahara Maria Novena S. Seksi Organisasi Erwin Chusnul, Seksi Pendidikan Setyo Bowo Pribadi, Seksi Advokasi M N Haris, SIWO Akbar Hari Mukti, Seksi Multimedia Ardi Widodo, Aji Setiawan, Andi Aryanto.

Hadir juga dalam acara ini Wakil Bupati Semarang HM Basari, Forkompimda, para pejabat di Pemkab Semarang, serta para pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah.

Widiyartono R