Wakil Rektor II UMNU Kebumen Hastri Firharmawan MPd menerima audiensi pengurus Rubgy Union Indonesia Jawa Tengah di kampus, Jumat 26/3.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen, menerima kunjungan Audiensi dan Solialisasi Cabang Olahraga Rugby dari Persatuan Rugby Union Indonesia Jawa Tengah, bertempat di Ruang Pertemuan UMNU Kebumen, Jumat (26/3).

Pelaksanaan Audiensi dan Sosialisasi dilakukan secara luring/tatap muka dengan protokol kesehatan Covid-19. Persatan Rugby Union Indonesia Jawa Tengah itu diterima Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga UMNU Kebumen Ibnu Prasetyo Widiyono MPd.

Peserta pertemuan dihadiri langsung dari pengurus KONI Kabupaten Kebumen, struktural Kampus, mahasiswa, dan Pengurus Cabang Olahraga Rugby beserta beberapa atlet Rugby Jawa Tengah.

Rektor UMNU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI mendukung penuh pengembangan olahraga rugby di kampusnya. Apalagi rugby merupakan olahraga permainan yang layak dikembangkan di kampus oleh mahasiswa. Pihaknya mendelegasikan kepada Wakil Rektor dan Ketua Prodi Pendidikan Olahraga untuk menerima tamu dari Pengurus Rugby Jawa Tengah  tersebut.

Program Studi Pendidikan Olahraga UMNU Kebumen bersama pengurus dan atket Rugby Provinsi Jateng serta mahasiswa berfoto bersama seraya memegang bola rugby.(Foto;SB/Ist)

Wakil Rektor II UMNU Kebumen Hastri Firharmawan MPd menerangkan bahwa kehadiran Olahraga rugby di Kebumen dirasa masih tergolong relatif baru. Pihaknya secara prinsip siap menerima kehadiran rugby di Kebumen. Dengan harapan Kampus UMNU Kebumen bisa menjadi ikon olahraga tersebut sebagai salah  satu  unggulan.

“Besar harapan kami untuk kepengurusan olahraga rugby di Kabupaten Kebumen keterlibatan aktif dari kampus khususnya Program Studi Pendidikan Olahraga.Tugas mahasiswa dengan kehadiran olahraga ini bisa ikut menyosialisasikan serta berpartisipasi aktif lebih luas kepada masyarakat.”

Olahraga rugby adalah permainan dengan bola sebagai objek utama di mana bola dijadikan pusat perebutan. Dalam materi olahraga ini mempunyai teori teknis dan taktis, temasuk di dalamnya teknik body contact dan tekel yang merupakan salah satu cara menutup bola dengan menjatuhkan lawan.

Dibentuk Kepengurusan

Rugby sebenarnya memiliki kemiripan dengan American Football namun ada beberapa perbedaan dari segi seragam, body protector, serta bola. Rugby saat ini menjadi olahraga popular yang telah dibuktikan dipertandingkan di Asian Games 2018 Filipine, dan Olimpic Olimpiade International. Prinsip utama dari permainan rugby yakni  keberlanjutan tim atau permainan.

Wakil Ketua III KONI Kabupaten Kebumen Priyambodo menerangkan bahwa Olahraga Cabang Rugby benar-benar baru maka dengan adanya sosialisasi semacam ini sangatlah penting. KONI Kebumen berharap segera terbentuk kepengurusan rugby di Kebumen, karena ini berkaitan dengan legalitas keberadaannya serta untuk bisa memberi fasilitas yang baik sesuai dengan kebutuhan.

Pengurus Rugby Jawa Tengah Imron Nugroho Saputro, MPd mengemban tugas untuk menyampaikan materi serta sambutan. Imron menyampaikan pesan dari Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Rugby Jawa Tengah  Anang Waskito yang berkomitmen mengembangkan olahraga Rugby di Jawa Tengah, serta siap memfasilitasi memberikan bola rugby dengan syarat mengirimkan Surat Keputusan (SK) melalui KONI ke Pengprov Jawa Tengah.

Menurut Imron, Pengprov Jawa Tengah akan mengembalikan SK tersebut beserta Bola. Itu salah satu bentuk komitmen untuk memajukan cabang olahraga rugby di Kebumen. Untuk  pembinaan jika mahasiswa atau dosen menghendaki untuk membela Kabupaten Kebumen, Pemprov Rugby akan siap hadir di Kebumen memberikan materi secara menyeluruh tentang olahraga rugby.

Kepala UPT Perpustakaan dan Humas UMNU Kebumen Ari Susanto SIP menambahkan, pada acara tersebut juga dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) Program Studi Pendidikan Olahraga UMNU  Kebumen dengan Pengurus Provinsi Jawa Tengah Cabang Olahraga Rugby. Kesepakatan mengenai kepelatihan, informasi, sarana prasarana, dan pengembangan atlet.

Komper Wardopo