blank
Penyandang difabel tengah melakukan latihan uji praktik untuk mendapatkan SIM D. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Polrestabes Semarang melaksanakan pelatihan uji praktik untuk mendapatkan SIM D bagi komunitas disabilatas (compac).

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dilakukan di lapangan uji praktik Satpas 1421 Satlantas Polrestabes Semarang, Jumat (26/3/2021).

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit mengatakan, pelatihan uji praktik ini guna mendapatkan SIM D untuk komunitas disabilitas yang masuk dalam program Serasi.

Dalam pelatihan tersebut diikuti oleh 10 peserta. Pelaksanaan latihan sendiri terdiri dari 5 jenis latihan, diantaranya tes praktik jalan lurus, praktik jalan angka 8, praktik jalan zig-zag, praktik uji reaksi menghindar, dan tes praktik U-Turn.

“Selama kegiatan pelatihan, seluruh peserta dapat melaksanakan semua tes,” kata Sigit.

Sebelumnya, Polrestabes Semarang telah melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kota Semarang, terkait pembuatan SIM D untuk para penyandang difabel di Kota Semarang.

Menurut Sigit, hal itu sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap penyandang difabel dalam kepemilikan SIM D. Perlu diketahui, SIM D untuk para penyandang difabel ini, berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Ning