Ketua MKKS SMK Provinsi Jateng, , Samiran dan MKKS Kab. Jepara Aris Hidayanto saat memberikan pengarahan dalam workshop penyusunan buku

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 16 orang guru jurusan Tata Busana yang bergabung dalam Musyawarah Guru Tata Busana Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Penerbit Sarana Kreasi Abadi Yogyakarta  saat ini sedang melakukan workshop penyusunan buku ajar.

Workshop yang berlangsung 26-28 Maret 2021 di Hotel Jepara Indah ini terkait dengan tengah disusunnya 8 buah buku materi ajar bagi siswa   SMK Jurusan Tata Busana  yang akan mulai  berlaku secara Nasional mulai tahun 2021.

Buku yang akan digunakan untuk pegangan siswa  ini terdiri dari mata pelajaran Hiasan Busana, Custom Made Kelas XI dan XII,  Busana Industri Kelas XII dan XI, Teknologi Menjahit, Pembuatan Pola kelas X dan buku Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK Provinsi Jawa Tengah, Samiran saat membuka acara tersebut memberikan apresiasi terhadap upaya kreatif dari MGMP Tata Busana Provinsi Jateng. “Dengan pelibatan guru secara kolektif dan kolaboratif dalam penyusunan buku ini diharapkan akan mampu menjawab perkembangan tuntutan dunia  kerja,” ujar Samiran.

Disamping itu Samiran minta agar para guru SMK di Jawa Tengah untuk senantiasa mengembangkan pembelajaran yang mampu mendorong siswa  untuk berfikir kritis, memiliki kemampuan komunikasi, kreatif dan inovatif  serta  senantiasa mengedepankan kerjasama. “Karena itu guru harus memiliki gaya mengajar yang efektif dan efisien,” tambahnya.

Hal penting lain yang disampaikan oleh Samiran adalah pentingnya   energi yang  harus dijaga dan dipelihara dari seorang guru untuk mendorong munculnya inovasi dan kreativitas siswa. “Bimbing mereka agar bisa bercerita tentang keinginan, cita – cita dan masa depannya. Ini akan menjadi motivasi berharga  bagi anak untuk masa depannya,” ujar Samiran.

Apresiasi terhadap workshop tersebut juga diberikan oleh Ketua MKKS SMK Kabupaten Jepara, Aris Hidayanto. ” Harapan kami buku yang disusun mampu  menjawab tantangan masa depan. Disamping itu juga mudah diimplementasikan dalam pembelajaran kreatif untuk menarik perhatian siswa,” ujar Aris Hidayanto  yang juga Kepala SMKN 1 Bangsri.

Sementara Ketua MGMP Tata Busana Provinsi Jawa Tengah Indria Mustika menjelaskan, kegiatan ini adalah wujud kolaborasi yang dibangun oleh para guru tata busana dan penerbit. “Harapannya  buku ini implementatif sebab disusun oleh para guru yang selama ini menekuni bidang tata busana,” ujarnya.

Sedangkan Sony Anderson dari   Penerbit  Sarana Kreasi Abadi Yogyakarta  mengucapkan terimja kasih kepada MGMP Tata Busana Jawa Tengah yang telah bersedia ambil bagian dalam penyusunan buku  ajar. “Ini langkah terobosan penyusunan buku bekerjasama dengan  MGMP. Harapan kami kedepan bisa menjadi role model bagi penerbitan buku ajar yang lain,” ujar Sony

Sementara para guru yang terlibat dalam penulisan buku adalah  Sri Sumaryani M.Pd dan Dian Safitri S.Pd dari SMKN 1 Sayung Demak, Turniti S.Pd T SMKN 1 Ampelgading, Bariatul S.Pd SMKN 1 Pekalongan,  Nur Aida Rahmiati M.Pd  SMKN 6 Semarang,  Nur Aini S.Pd  SMKN 2 Jepara, Bejo Sulasih SMKN 1 Warungasem, Laily Rahmah S.Pd, M.Par SMKN 1 Salatiga, dan   Farkhatun S,.Pd SMKN 1 Brebes,.

Juga Tri Widyawaty SMKN Bukateja, Sih Lestari M.Pd SMK Sudirman 2 Wonogiri, Nuraeny M.Pd SMKN 1 Kendal, Endang Triastuty M.Pd SMKN 4 Surakarta, Muhdor S.Pd SMK Kartini Semarang, dan  Murni S,Pd SMKN  2 Temanggung.

Hadepe