blank
Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih secara simbolis menyerahkan susu dari Rotary Internasional Yogya Tugu yang diwaikli Rachel Yuliyani kepada anak stunting di Pendopo Kecamatan Kutowinangun.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –Rotary Internasional Club of Yogya Tugu bersama para penggiat sosial kemanusiaan di Kebumen telah membagikan susu untuk anak stunting (tubuh pendek). Acara dipusatkan di Pendopo Kantor Kecamatan Kutowinangun, Selasa (23/3) dan dihadiri Waul Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.

Pembagian donasi susu untuk anak stunting di wilayah Kecamatan Kutowinangun dan Kecamatan Ambal oleh Rotary International District 3410 diwakili oleh Rotary Club of Yogja Tugu itu diprakarsai Rachel Yuliyani selaku Past President Rotary Yogya sekaligus pemiik toko Bangua Baru Kutowinangun, Kamis (25/3).  Menurut Ny Yuliyani,  pembagian susu bagi anak stunting tersebut dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kemampuan tumbuh kembang anak-anak.

blank
Wakl Bupati Ristawati Purwaningish memegang susu untuk anak stunting dari Rotary bersama Rachel Yuliyani dan Hardi Nugroho.(Foto:SB/Ist)

Kegiatan Rotary Internasional diwakili oleh RC of Yogja Tugu bersama penggiat sosial di Kebumen yang akan menjadi embrio Rotary Club Walet Kebumen. Pembagian susu pada anak-anak stunting di wilayah Kecamatan Kutowinangun dan Ambal  itu juga sebagai kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni survei pembuatan bak penampung air bersih di Kecamata Karanggayam.

Wakil Bupati Kebume Ristawari Purwaningsih didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Budi Satrio menyambut baik kegiatan tersebut. Kepedulian dari Rotary Club Tugu Yogya bersama para penggiat sosial di Kebumen sangat berarti bagi upaya mengatasi stunting di Kebumen. Ristawati mengakui, dari data di Kabupaten Kebumen, begitu banyak anak-anak yang mengalami hambatan dalam tumbuh kembang di masa balita, sehingga hal ini menimbulkan banyak kasus anak stunting. Pemicunya tidak sekadar lemahnya ekonomi orang tua, tetapi juga disebabkan oleh salah pola asuh dari orang tua sehingga butuh kepedulian banyak pihak.

Rachel Yuliyani menyatakan, program Rotary Internasional Indonesia District 3410 C melalui donasi susu ini untuk ikut mengatasi kondisi anak stunting di Kebumen. Melalui program sosial dengan kegiatan Program Rotary District 3410 tersebut diupayakan dapat terlaksana di wilayah Kebumen. Tahap awal di Kecamatan Kutowinangun dan Ambal. Pihaknya merasa puas dengan berbagai upaya koordinasi donasi itu disambut baik oleh  Pemerintah Kebumen.

Hardi Nugroho selaku  perintis Rotary Walet Kebumen menambahkan, pemberian susu tersebut memang belum bisa mencakup secara keseluruhan, tetapi baru mencakup 155 anak. Yakni Puskesmas Kecamatan  Ambal 1 40 anak/paket, Puskesmas Ambal 2 sebanyak  40 anak, Kecamatan Kutowinangun 75 anak.

Pelaksanaan pembagian donasi dilakukan secara simbolis oleh Rachel Yuliani dari Rotary Club Tugu Yogja kepada Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaniningsih, dan selanjutnya diserahkan pada 15 anak stunting dari 3 Puskesmas tersebut. Sisanya diserahkan pada pihak Puskesmas untuk diteruskan pada anak-anak yang layak menerima.

Komper Wardopo