blank

LONDON (SUARABARU.ID) Kirsty Brown (32) seorang wanita warga negara Inggris, terpaksa menghindari kontak mata dengan pria tampan yang menarik perhatiannya. Hal ini dilakukan karena dia akan pingsan setiap kali melihat pria tampan.

Oleh dokter kelainan yang diidap wanita asal Northwich, Cheshire, Inggris itu sebagai cataplexy yang membuat otot tubuhnya lumpuh pada situasi tertentu. Emosinya yang terganggu membuatnya kehilangan kendali atas tubuhnya.

Alhasil setiap kali melihat pria gagah dan tampan yang membuatnya tertarik, dia akan merasakan kelumpuhan total secara mendadak kemudian lutut tertekuk lalu roboh.

Tidak hanya itu, setiap Kirsty melihat maupun mendengar yang tidak disukainya, seperti suara keras, ketakutan, amarah dan tawa juga bisa memicu reaksi sama.

Untuk mengantisipasi hal itu, Kirsty selalu mengarahkan matanya menatap ke tanah saat berjalan di depan umum. Rata-rata, Kirsty mengalami lima serangan cataplexy per hari, bahkan hingga 50 kali dalam kondisi parah.

“Ini sangat memalukan. Saya pernah berbelanja di luar, dan Saya melihat seseorang yang cukup tampan dan menarik, tubuh Saya mulai lemas dan harus berpegangan pada sepupu Saya sebelum akhirnya jatuh,” ujar Kirsty, dikutip dari The Sun, Rabu (24/3/2021).

Menhindari kondisi tersebut, selama ini dia memilih lebih sering berdiam di rumah. Saat memeriksakan ke dokter, kata dia kondisinya dikaitkan dengan gangguan tidur dan disebabkan oleh permasalahan gen.

“Ini seperti korslet antara otak dan otot yang terputus sehingga Saya kehilangan kendali atas kaki Saya. Saya bisa saja ambruk di tangga yang curam, karena saya takut akan ketinggian, itu juga memancing emosi Saya,” katanya.

The Sun