Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT memakaikan helm pada Bupati Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Pengendara kendaraan dan pengguna jalan yang biasa tidak patuh terhadap aturan lalulintas, saat ini harus mulai tertib dan waspada.

Pasalnya mulai hari ini, Selasa (23/3/2021), Korlantas Polri telah melaunching E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau sistem tilang elektronik secara serentak, di 12 Polda di Indonesia secara virtual.

Menurut Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Drs Istiyono MH program ini salah satunya dengan menempatan kamera di beberapa tempat, yang tersebar di 244 titik lokasi.

Di Polda Metro Jaya terdapat 98 titik, Polda Riau 5 titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Sulawesi Selatan 16 titik, Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik dan Polda Sumatera Barat 10 titik.

Sedang Polda DIY 4 titik, Polda Lampung 5 titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik, Polda Banten 1 titik dan di wilayah Polda Jawa Tengah sendiri terdapat 10 titik lokasi.

Kapolri Jenderal Polisi Drs Listiyo Sigit Prabowo, MS. menyampaikan, hari ini adalah hari ke 60 program 100 hari kerja Kapolri, dan E-TLE adalah sebagai salah satu program yang akan dijalankan dan dikembangkan di setiap daerah.

Dijelaskan, program E-TLE tersebut merupakan perhatian dari Presiden di mana Polri diminta untuk membangun sistem penegakan hukum dengan memanfaatkan tehnologi informasi.

Prinsip Kemseltibcar

Pelaksanaan lounching E-TLE secara virtual di Polres Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT mengatakan program dan kebijakan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan prinsip Kamseltibcar Lantas, (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas).

“Situasi dan kondisi penggunaan lalu lintas merasa baik dengan atau tanpa kendaraan dan merasa aman karena terbeban dari rasa ketakutan. Tidak ada ancaman hambatan maupun gangguan kapan saja dan di mana saja,” ujarnya.

Ke depan Polantas hanya melaksanakan tugas mengurai kemacetan, menolong laka lantas dan melakukan kegiatan yang pada saat itu dibutuhkan lalu lintas sehingga polantas akan segera mendatangi TKP secara cepat.

“Sehingga diharapkan program ini akan menggeser presepsi kurang baik dari publik, terhadap Polantas dan menjadikan penilaian tersebut menjadi lebih baik,” katanya.

Selain E-TLE, akan mengembangkan pula program lain yang berbasis tekhnologi yaitu mengembangkan perpanjangan SIM online, pembayaran pajak kendaraan secara online dan SKCK online.

Di Wonosobo launching disaksikan dan dilakukan Bupati Afif Nur Hidayat, bersama Kapolres AKBP Ganang Nugroho Widhi, SIK MT dan Kasatlantas AKP Harman R Sitorus, SIK di Ruang Vidcon Polres Wonosobo.

Lounching E-TLE ditandai dengan pemakaian helm yang dilengkapi Kamera Portabel secara simbolis kepada Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

Muharno Zarka