blank
Wakil Rektor I UMNU Kebumen DR Onok Yayang Pamungkas MPd bersama para siswa SMA/SMK juara ajang English Competition, Minggu 21/3.(Foto:SB/ist).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Himabig) Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menggelar English Competition dengan tema CREASI “Crative, Active, Inspirative”.

Ajang kreativitas yang diusung dengan konsep menarik dan asyik, yakni berisi lomba Story Telling dan  News Anchor  tingkat SLTA Se- Kabupaten Kebumen.

Lomba dilaksanakan secara daring yaitu peserta diwajibkan mengirimkan video yang berdurasi tiga sampai lima menit untuk News Anchor dan lima sampai sepuluh menit untuk Story Telling. Dengan ketentuan pengiriman paling lambat  16 Maret 2021 Pukul 24.00 WIB.

Pembina Kegiatan Hellaisna Nur’aini Garwan MPd didampingi Ketua Panitia Siwi Dwi Hastuti Senin (22/3)  menjelaskan, kegiatan English Competition tersebut  untuk ikut berkontribusi membantu meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam berbahasa Inggris.

Selain itu juga mengembangkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris, memotivasi minat siswa memperdalam bahasa Inggris, dan menambah wawasan serta pengalaman bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kebumen.

Sedangkan penilaian video dilakukan oleh 3 (tiga) Juri yakni dari Dosen UMNU Kebumen yang berkompeten pada bidangnya, yakni Hastri Firharmawan, M.Pd., Alek Andika MPd dan Endah Mitsalina MPd dari segi kualitas isi, cara penyampaian, kualitas hasil video, serta  aspek   lainnya sesuai dengan standar penilaian.

Kegiatan puncak yakni pemberian hadiah kepada pemenang dilaksanakan pada Minggu 21 Maret 2021 secara luring atau tatap muka sesuai Protokol Covid-19 bertempat di ruang Sidang/ Pertemuan  kampus UMNU Kebumen  Jalan Kusuma No.75 Kebumen.

Investasi  Masa  Depan

Rektor UMNU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI dalam sambutannya memberikan apresiasi  tinggi kasih kepada panitia pelaksana yang mengonsep acara dengan sangat baik. Atas nama UMNU Kebumen dirinya menyampaikan banyak terima kasih atas partisipasi para pelajar  dalam English Competition.

“Mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran bagi kita semua dalam pembelajaran bahasa inggris yang merupakan hal sangat penting. Kita selama ini belajar dari SMP, SMA, sampai dengan Perguruan Tinggi Bahasa Inggris kita masih gagap. Hal ini pasti ada salah, diantaranya adalah kita tidak terbiasa. Karena bahasa adalah kebiasaan. sesuatu yang tidak dibiasakaan itu cenderung lupa,”ujar Imam Satibi,

Rektor UMNU Kebumen itu menambahkan, konsep dari pendidikan merupakan investasi. Pendidikan adalah untuk memotong siklus rantai kemiskinan. Tugas Perguruan Tinggi  yakni membangun sumber daya untuk bersaing dengan bukan hanya membuat sumber daya yang Human resoerce akan tetapi menjadi Human Capital atau sumber daya yang bermanfaat dan ikut berkontribusi.

Menurut Imam Satibi, UMNU Kebumen tidak bisa memberi hadiah nominal yang tinggi kepada pemenang, namun lebih berpikir untuk memberi masa depan.”Bagi yang ingin melanjutkan belajar di UMNU Kebumen akan difasilitasi.Misalkan yang berpeluang mendapat KIP, kuliah kita prioritaskan untuk kuliah dengan gratis. Kami rasa ini adalah hadiah masa depan,”.ujar Rektor UMNU Kebumen

Kepala UPT Perpustakaan dan Humas UMNU  Kebumen) Ari Susanto SIP menjelaskan hasil lomba untuk Juara English Competition terbagi masing-masing terdiri dari Juara I, Juara II, Juara III, dan Juara Favorit. Pada Lomba Story Telling, Juara I Ngizzatul Afriyani SMK Ma’arif 1 Kebumen, Juara II Aufara Fiqi Fatahilah D. dari SMA N 2 Kebumen, Juara III Fanny Ardanti A. dari SMA N 1 Kutowinangun, dan Juara Favorit Ambar Lestari dari SMK N 1 Gombong.

Sedangkan Lomba News Anchor, Juara I Frida Puji Rahayu dari SMK N 1 Gombong, Juara II Salma Aida SMK N 1 Alian, Juara III Novanda Nisa Ayu W dari SMK Yapek Gombong, dan Juara Favorit Rahma Aulia Surasih dari SMA N 1 Buluspesantren.

Komper Wardopo