blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Ketua Umum IWAKK Walet Emas 2021-2026 Ibnu Darmawan, anggota DPR RI KRT Darori Wonodipuro dan mantan bupati Kebumen Buyar Winarso serta Sutjipto.(Foto:SB/Ist)

JAKARTA(SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi mengukuhkan Mayjend TNI (Purn) Ibnu Darmawan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Warga Asal Kabupaten Kebumen (PP IWAKK) Walet Emas Periode 2021-2026.

Pengukuhan dilakukan dengan pengambilan sumpah dan ikrar janji oleh seluruh anggota IWAKK Walet Emas yang berjumlah 57 orang. Acara dilaksanakan di Auditorium Global Islamic School (GIS)  Jalan Raya Condet No 5 Balekambang, Jakarta Timur, Sabtu (20/3) didahului musyawarah.

Acara dihadiri mantan Bupati Kebumen Buyar Winarso yang tak lain pemilik Lembaga Pendidikan Global Islamic School , Anggota DPR RI Darori Wonodipuro, Sekjen Kemendag Suhanto, Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo (Pa Ahli Tk II Kasad), mantan Ketua IWAKK Walet Emas, Dr Ir H Budiyono Sudarso, Pimpinan DPRD Kebumen, Kepala Dinas Perkim LH Kebumen Edi Riyanto serta sejumlah tokoh masyarakat.

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan selamat dan meminta kepada seluruh pengurus IWAKK Walet Emas untuk turut serta berpartisipasi mendukung program Pemerintahan Kebumen agar ke depan semakin sejahtera.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan SK Kepengurusan kepada Ketua Umum IWAKK Walet Emas 2021-2026 Ibnu Darmawan.(Foto:SB/Ist)

Sebagai Bupati yang baru ,dirinya telah berkomitmen bersama Wakil Bupati untuk mambawa Kebumen ke depan lebih baik. Untuk itu sejumlah program pun telah diluncurkan dalam program 100 Hari Kerja.

Salah satunya Program Unggulan GO-LAK atau Go -Layanan Administrasi Kependudukan. Program ini merupakan layanan administrasi kependudukan jemput bola ke rumah, dnegan slogan “Ora antri, ora suwe, cepet dadi”. “Dengan program ini diharapkan 100 persen penduduk Kebumen wajib ber-KTP telah memiliki KTP,”imbuh Arif Sugiyanto.

Di bidang  peningkatan ekonomi, Bupati telah menyiapkan Program Unggulan yakni Kebumen Ekonomi Handal dan Tani Mulyo. Kebumen Ekonomi Handal merupakan program untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan tenaga kerja muda Kebumen dengan harapan bisa menekan angka pengangguran.

Adapun program Tani Mulyo, untuk meningkatkan produksi pertanian melalui pemenuhan sarpras pertanian. Dari Program ini akan menekankan pada penanganan terpadu pasca panen dengan mengoptimalkan penggunaan Rice Milling Unit (RMU) di Desa Kaliputih, Kecamatan Kutowinangun.

Perbaiki Infrastruktur

Di bidang infrastruktur, Bupati akan fokus melalui Program Unggulan bernama ‘’JAMU SEGER’’  atau Jalan Mulus Ekonomi Bergerak. Program ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan sehingga mampu mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

Bahkan selama dua tahun ini sebagain anggaran akan difokuskan untuk penanganan jalan jalan rusak Dengan pembenahan tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan perekonomian pasca pandemi.

Lebih jauh Bupati mengungkapkan bahwa Kebumen memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Terutama di pesisir selatan, dimana Kebumen memiliki 57 KM bentangan laut. Untuk itu kedepan yang akan dilakukan adalah bagaimana supaya penghasilan kaluatan ini lebih maksimal. Salah satunya melalui budidaya tambah udang.

Meski begitu, Bupati menyadari bahwa untuk mensuseskan program tersebut tentu tidak mungkin dilakukan sendiri. Untuk itu dibutuhkan tekad yang kuat dan komitmen tinggi serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, agar perubahan ke arah perbaikan dapat terwujud.

‘’Untuk itu, selain dukungan birokrasi yang profesional sangat diperlukan, dukungan dan sinergitas dari anggota IWAKK Walet juga kami butuhkan, ’’tandas Bupati.

Ketua Umum IWAKK Walet Emas Mayjend TNI (Purn) Ibnu Darmawan menjelaskan IWAKK Walet Emas merupakan sekelompok warga perantauan Kebumen di Tanah Rantau. Organisasi ini sebagai media bertemu dan berkumpul warga perantauan Kebumen yang ingin berbuat sesuatu untuk kampung halaman. Salah satunya mencari peluang investasi untuk Kebumen.

‘’Organisasi ini untuk semua warga Kebumen yang tinggal di perantauan dan tidak memandang strata sosial. Untuk itu kami juga berkomitmen mendukung program Pemerintah Kebumen agar ke depan mentas dari predikat miskin se Jawa tengah,’’ujar mantan Kasdam IV/ Diponegoro asal Rowokele itu.

Komper Wardopo

Susunan Lengkap Pengurus Pusat IWAKK Walet Emas 2021-2026

Pengurus Pusat IWAKK Walet Emas Periode 2021-2026 Ibnu Darmawan (Ketua Umum), Roso Daras (Wakil Ketua Umum), Dadiyono pemilik usaha resto Ayam Kambal sebagai Ketua Harian, Udi Yuswanto SE (Wakil Ketua Harian).

Nicolo Machia Fely SPd (Sekretaris Umum), Basyir Latif SPd (Wakil Sekretaris Umum), Riska Devi Utami SPd (Wakil Sekretaris Umum), Novia Catur Wiji Asih SPd (Wakil Sekretaris Umum), Parwito (Bendahara Umum), dan Amir (Wakil Bendahara Umum).

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengukuhkan kepengurusan IWAKK Walet Emas 2021-2026 di Aula Global Islamic School Jakarta Timur.(Foto:SB/Ist)

Susunan Pembina Utama antara lain Bupati Kebumen, Jenderal Pol (Purn) Surojo Bimantoro, Ir  KRT Darori Wonodipuro MM, Drs Suhanto, MM, Dr KH Marsudi Syuhud SE (Ketua PBNU), Dr Adi Suryanto Msi (Kepala LAN),  Brigjen Pol (P) Edy Murdiyono SH MH, Marsda TNI Suparmono (Deputi Basarnas), Mayjen TNI Heri Wiranto, SE, MM, MH. (Pangdam Mulawarman), Brigjen TNI Amad Sugiyono SE MM (Eselon II Kemhan), Brigjen TNI Fulad SSos MSi. (Wadan Seskoad), Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo SIP (Pa Ahli Tk. II Kasad), Prof Ir Bramantyo Djohanputro MBA PhD (Direktur Eksekutif PPM Manajemen), Dr Hendri Saparini (Ekonom) dan Drs Marsudi Haryo (Pemilik RS Sari Asih).

Adapun susunan Pembina Utama antara lain Dr Ir H Budiyono MSi H Buyar Winarso SE, H Budi Suryanto SH MH MSi, Dr Ir Subandi Sardjoko MSc (Eselon I Bappenas), Drs AS Tavipiyono MM MA (Eselon II Kemendagri), Sutiman Raharjo, dan Agus Winarto SH.

Komper Wardopo