blank
Tim survey saat berada di lokasi tempat akan dibangunnya Rusun.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Pemerintah Kabupaten Kendal tak lama lagi akan membangun rumah susun (Rusun) bagi buruh di lokasi bekas SMP 3 Wonorejo Kaliwungu, masuk Kawasan Industri Kendal(KIK).

Lahan yang ada di lokasi tersebut, luasnya sekitar 1,1 hektar dan rencananya akan dibangun dua hingga tiga blok rusun tingkat lima.

“Saat itu, kami diminta untuk menyusun program yang terkait dengan perumahan sekaligus fasilitas pendukungnya. Dan kebetulan Pemkab Kendal mempunyai lahan di lokasi KIK,”kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman(Disperkim) Kabupaten Kendal, Fauzi, di kantornya, jalan laut, Rabu(17/3/2021).

Menurut Fauzi, dana untuk membangun Rusun tersebut, berasal dari bantuan kementerian PUPR. Sementara untuk lahan Pemkkab Kendal yang menyiapkan.
“Lahan tersebut, sekarang kondisinya belum rata karena masih tergenang air, sehingga perlu diurug,”ujar Fauzi.

Fauzi mengaku, tahun ini Disperkim Kendal sudah mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Kendal untuk mengurug lahan itu.

Diharapkan, setelah melalui proses lelang, sekitar dua bulan lagi lahan tersebut akan segera diurug.

Untuk prototypenya, sama dengan yang ada di Kelurahan Kebondalem yaitu lima lantai. Namun Rusun yang ada di KIK ini nantinya akan dibangun dua atau tiga blok rusun dengan kapasitas 92 hingga 96 ruang, yang setiap ruangnya bisa diisi oleh dua orang.Sp-mm