blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi dalam kunjungan siaga candi dan posko PPKM Micro di Polres Demak. Foto: Dok/ist

DEMAK (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi bersama PJU Polda Jateng melakukan pengecekan kampung siaga candi dan posko PPKM Micro di wilayah hukum Polres Demak dan Jepara, Jumat (12/3/2021).

Dalam kunjungannya, Kapolda didampingi PJU Polda Jateng diantaranya, Karolog, Kombes Pol. Muhammad Zari,S.I.K., Dir Lantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudi Antariksawan S.H., S.I.K., M.S.I., Dansat Brimob Polda Jateng, Kombes Pol. Farid Bachtiar Effendi S.I.K, M.H., Dir Binmas Polda Jateng, Kombes Pol. Lafri Prasetyono,S.I.K., dan Kabid Dokkes Polda Jateng, Kombes Pol. R Harjuno Sp.K.J.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda menyampaikan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai ujung tombak dalam penanganan Covid-19 bersama perangkat desa dan stakeholder, harus benar-benar serius dalam penanganannya.

“Di sepanjang jalan Desa Tempuran, kami melihat penerapan protokol kesehatan (prokes) sudah sangat baik, ini harus di pertahankan,” kata Kapolda.

Dijelaskan, dari data yang diterima Desa Tempuran pada 2020, tercatat ada 7 orang terkonfirmasi, 1 orang meninggal dan dimakamkan secara prokes. Akan tetapi setelah hasil swab keluar dinyatakan negative.

Sedangkan 7 orang yang dinyatakan terkonfirmasi tersebut, sambung Luthfi, kini sudah sembuh. Selanjutnya di tahun 2021, ada 5 orang terkonfirmasi dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dan dimakamkan secara protokol kesehatan, namun setelah hasil swab keluar dinyatakan negative.

“Ini menunjukkan bahwa Kampung Siaga Candi dan Posko PPKM Micro di wilayah Demak, Desa Tempuran, benar benar dijalankan,” kata Luthfi.

Menurut Kapolda, kondisi saat ini di wilayah Demak, khususnya di Desa Tempuran, untuk isolasi mandiri sudah tidak ada. Bahkan tidak ada warga Desa Tempuran yang dirawat di Rumah Sakit ataupun tempat karantina.

“Desa Tempuran di wilayah Kabupaten Demak ini, sangat bagus. Program pemerintah dalam kampung siaga candi dan posko PPKM Micro benar-benar dijalankan. Ini harus dipertahankan, dan penerapan protokol kesehatan 5 M harus tetap dijalankan,” ungkap Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga melakukan pengecekan posko dan memberikan bantuan masker dan sembako. Kemudian Kapolda melanjutkan kunjungannya menuju ke Kabupaten Jepara.

Setibanya di Kabupaten Jepara, Kapolda Jateng langsung melaksanakan pengecekan posko PPKM Desa Bandungrejo, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Demak yang diwakili Asisten I Nur Wahyudi, Wakil Bupati Demak Drs. Djoko Sutanto, Kapolres Demak, AKBP Andhika Bayu Adhittama, SIK, SH, MH., Dandim 0716/Demak Letkol Arh Mohammad Ufiz, S.I.P., M.I.Pol., dan pihak terkait.

Ning