blank
Seorang atlet muay thai putra, tengah berlatih kekuatan lengan dengan menggunakan tali tambang besar. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Muay Thai Jawa Tengah, yang dipersiapkan untuk menghadapi PON XX/Papua pada Oktober mendatang, berencana akan mengikuti Liga Muay Thai Nasional, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu-Jumat (21-26/3/2021).

Pelatih Muay Thai Jateng, Gunawan Wijaya, ketika ditemui di Semarang, Senin(8/3/2021) mengatakan, pihaknya akan memberangkatkan sejumlah atletnya, sebagai program try out.

Keikutsertaannya ini juga untuk melihat secara langsung kekuatan lawan dari provinsi lain, yang juga turun di PON XX/Papua.

BACA JUGA: Brebes Siap Bangun Pusat Unggulan Mangrove 

blank
Sejumlah atlet muay thai putri, dengan tekun mengikuti Pelatda Desentralisasi, yang disiapkan untuk terjun di ajang PON XX/Papua. Foto: spr

”Kami ingin mengukur kemampuan atlet Jateng dari hasil Pelatda Desentralisasi, sekaligus untuk mengetahui calon lawan kami di PON XX/Papua nanti,” kata Gunawan dalam keterangannya.

Menurut dia, untuk persiapan menghadapi ajang bergengsi cabor olahraga keras asal Thailand itu, pihaknya masih menghitung anggaran yang dibutuhkan. Sebab, seperti diungkapkannya, memberangkatkan atlet ke Sulawesi Tenggara membutuhkan jumlah dana yang cukup banyak.

”Pengprov Muay Thai Jateng, kini masih mengkalkulasi anggaran yang akan dibutuhkan bila memberangkatkan atletnya ke Kendari. Sebab lokasinya cukup jauh, di wilayah Indonesia timur,” tutur Gunawan lagi.

BACA JUGA: Kebijakan Pemerintah Pusat Impor Beras, Diharapkan Ganjar Tak Mengguncang Petani

Rencananya, atlet yang akan diberangkatkan di antaranya Randy, Moh Rifky, Irfan, Jalu dan Adit (Putra). Sedangkan di bagian putri ada Tabita, Laely, Ulfa dan Tiara.

Sedangkan target bila mengikuti ajang itu, imbuh Gunawan, tidaklah muluk-muluk. Namun yang penting bisa berprestasi.

Ditambahkan dia, selain berencana mengirimkan sejumlah atletnya ke Liga Nasional Muay Thai di Kendari, pihak Pengprov juga akan mengirimkan beberapa atletnya untuk mengikuti seleksi atlet SEA Games 2021. Mereka adalah Pratiwi, Jovan, Raka dan Nanda.

Sigit PR-Riyan