blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika bersilaturrahmi ke rumah Ketua RT 06 Kampung Banyurip Kelurahan Wonosobo Timur. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Setelah sarapan bareng dengan sejumlah wartawan, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Sabtu (27/2) siang, melapor dan silaturrahmi ke Ketua RT 06 Kampung Banyurip dan Ketua RW 15 Kampung Handayani Longkrang Kelurahan Wonosobo Timur.

Wilayah RT 06 Kampung Banyurip dan RW 15 Kampung Handayani Longkrang, merupakan daerah administratif di mana Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat bersama keluarga, kini tinggal dan menetap sehari-hari.

Pasalnya, sejak dilantik sebagai orang nomor satu di Wonosobo, Jumat (26/2) lalu, Afif akan menempati rumah dinas di kompleks Pendapa Bupati, yang masuk wilayah geografis RT 06 dan RW 15 Kelurahan Wonosobo Timur.

Dalam silaturrahmi tersebut Bupati didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda M Aziz Wijaya, Kepala Diskominfo Eko Suryantoro, Kabag Prokompim Satriyatmo, Camat Wonosobo Suratman dan Lurah Wonosobo Timur Endang Istiana.

Di RT 06 Kampung Banyurip, mantan Ketua DPRD itu, disambut Ketua RT 06 Rahardi Wiyono dan di RW 15 Kampung Handayani Longkrang diterima Ketua RW 15 Anwar Sumbono, yang juga pensiunan ASN guru SMAN 1 Wonosobo itu.

Sebelum bertemu Ketua RW 15, Afif juga sempat menyambangi Ibu Haryatun, yang merupakan gurunya saat dulu menimba ilmu di MTs Negeri 1 Wonosobo. Kebetulan rumah gurunya itu bersebelahan dengan Ketua RW 15.

Afif pun minta kepada Ibu Haryatun yang sudah sepuh dan berjalan menggunakan bantuan tongkat kecil itu, untuk foto bersama. Foto tersebut akan dicetak besar, dipigura dan dipasang di rumah Bupati Dinas Bupati Wonosobo, sebagai kenang-kenangan.

Mohon Restu

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengisi buku tamu di kediaman Ketua RW 15 Kampung Handayani Longkrang. Foto : SB/Muharno Zarka

Afif mengaku sowan ke Ketua RT 06 Kampung Banyurip dan Ketua RW 15 Kampung Handayani, untuk kulo nuwun sebagai warga baru. Dari Pendopo, Bupati jalan kaki menuju rumah Ketua RT 06 Kampung Banyurip, yang berjarak kurang lebih 200 meter itu.

“Sebagai warga baru saya harus kulo nuwun dulu pada Pak Ketua RT 06 dan RW 15. Selain itu, juga memohon doa restu, kepada kasepuhan di lingkungan tempat tinggal baru, agar bisa melaksanakan amanah dengan baik,” ujarnya.

Sebagai warga RT 06 dan RW 15, pihaknya pun berniat ikut kegiatan yang digelar warga setempat. Jika ada pertemuan juga akan menyempatkan hadir. Pertemuan warga RT 06 dan RW 15 diselenggarakan sebulan sekali setiap tanggal 6 awal bulan.

Saat tiba di rumah Ketua RW 15, Bupati Wonosobo itu, juga mengisi buku tamu. Ngobrol bareng dengan pemilik rumah layaknya keluarga sendiri. Di ndalem gurunya juga sempat mengenang masa lalu saat sekolah di MTs Negeri 1.

“Dalem niki ajeng kintu awak. Jadi warga RT 06 RW 15. Nglakoni warga baru wonten mriki. Saya juga minta doa restu agar bisa melaksanakan jabatan sebagai Bupati Wonosobo dengan waras slamet. Istiqomah dunia akhirat,” ujarnya.

Ketua RT 06 Kampung Banyurip Rahardi Wiyono dan Ketua RW 15 Kampung Handayani Longkrang, Anwar Sumbono mengaku senang Bupati Wonosobo baru itu, menyempatkan sowan dan minta doa restu ke rumahnya.

“Mudah-mudahan Pak Afif bisa ngayahi jabatan Bupati Wonosobo kanti sae. Bisa menjalankan program pembangunan dengan baik. Warga RT 06 dan RW 15 akan selalu mendukung kebijakan yang dilakukan pemerintah,” papar keduanya.

Muharno Zarka