blank
Beberapa pegawai yang berkantor di Balai Kota Semarang mulai menata deretan karangan bunga yang berdatangan memenuhi trotoar depan Balai Kota Semarang, Rabu (24/2/2021). foto:dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kemeriahan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang terpilih, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita), membuat warga masyarakat ingin turut serta memberikan selamat melalui karangan bunga.

Seperti yang terlihat di sepanjang Jalan Pemuda, sejak Selasa (23/2/2021) malam hingga berita ini diturunkan sejumlah pedagang kembang tak henti-hentinya menempatkan karangan bunga yang ditempatkan di dua sisi trotoar jalan.

Tentu saja dengan banyaknya deretan karangan bunga tersebut membuat faktor keamanan sedikit terganggu. Beberapa karangan bunga sudah mulai ada yang rusak atau tidak lengkap karangannya lantaran ulah beberapa oknum.

Salah satunya seperti karangan bunga dari Forum Wartawan Pemkot Semarang (Forwakot) yang berlubang disalah satu bagian sisinya. Atau karangan bunga salah satu ormas yang beberapa bagian dekorasi kembangnya sudah tidak ada lagi diambil orang.

“Mulai hari ini (Rabu 24/2/2021) saya menerjunkan sebanyak 120 orang anggota Satpol PP untuk mengamankan karangan bunga ucapan selamat pelantikan. Tiap 100 meter nanti akan ada 2 orang anggota yang berjaga,” kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, Rabu (24/2/2021).

Adapun 120 orang anggota Satpol PP tersebut dibagi per-40 orang untuk tiap shift penjagaan pagi, siang, dan sore hari. Mulai dari dua sisi ujung Mal Paragon sampai Lawang Sewu hingga ke Jalan Pandanaran dan Simpang Lima, berikut serta Jalan Imam Bonjol dan sekitarnya.

“Pokoknya kalau sampai ada yang ketahuan kedapatan merusak (karangan bunga), sanksinya harus langsung mengganti. Ini kan karena (karangan bunga) warga masyarakat merupakan bentuk apresiasi masyarakat mengucapkan selamat kepada wali kota dan wakil wali kota terpilih, jadi ini tanggung jawab saya,” katanya saat ditemui di Balai Kota Semarang.