blank
Warga membayar pajak kendaraan di mobil Samsat yang mangkal di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen dengan diawasi petugas Propam.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Terobosan  pelayanan membayar pajak kendaraan bermotor di Kebumen layak diapresiasi. Bahkan sembari jalan-jalan Sabtu sore dan Minggu pagi, wajib pajak bisa membayar pajak kendaraan melalalui mobil Samson.

Mobil Samson atau Samsat Sabtu Sonten yang difasilitasi Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kebumen atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat)bersama Satlantas Polres Kebumen itu menjadi alternatif masyarakat setempat untuk melaksanakan wajib pajak kendaraan tanpa mengganggu waktu pekerjaan.

Uniknya, setiap hari Sabtu sore dan Minggu pagi mobil Samson ini  sudah standby di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen Jalan Mayjen Sutoyo. Tentu inovasi pelayanan ini menjadi solusi bagi mereka yang sibuk karena bekerja pada hari efektif Senin-Jumat.

blank
Dua petugas Samsat Sabtu Sonten (Samson) melayani wajib pajak kendaraan di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Apalagi banyak profesi yang tidak bisa ditinggalkan oleh warga. Hadirnya Samson sangat membantu warga Kebumen untuk melakukan pembayaran pajak kendaraannya tanpa terlambt. Sembar jalan-jalan, warga bisa mampir di Mobil Samson melakukan pembayaran pajak.

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Sugiyanto mengungkapkan, saat ini tidak ada lagi alasan warga mengabaikan pajak kendaraannya karena alasan sibuk. Sebab hari Sabtu Samson beroperasi mulai Pukul 19.00 sampai 21.00. Sedang untuk hari Minggu, beroperasi mulai Pukul 06.00 sampai dengan 09.00.

“Sejak sore sekitar Pukul 19.00, personel kita dari Sat Lantas bersama petugas dari UP3A/ Samsat standby menunggu masyarakat yang akan melaksanakan pajak kendaraannya,”jelas Iptu Sugiyanto, Minggu (21/2).

Bahkan belakangan ini Samson juga menjadi hal yang  ditunggu oleh masyarakat Kebumen. Terutama yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Terbukti, Minggu pagi jumlah antrian bisa mencapai 105 pemohon pajak kendaraan.

“Informasi yang kami terima, hari ini banyak warga yang melakukan pajak kendaraan di Mobil Samson, ungkap Iptu Sugiyanto.

Meski banyak yang mengantre, protokol kesehatan tetap harus dikedepankan. Petugas dari Provos polres mengingatkan warga agar menjaga jarak dan mengenakan masker. Masyarakat memilih hari Minggu untuk melakukan kewajiban pajaknya dengan berbagai pertimbangan.

Ada yang karena liburnya hanya hari Minggu, sehingga memilih melakukan pembayaran pada hari libur. Namun juga ada alasan lain, sembari jalan-jalan sekalian bisa membayar pajak.

“Sambil jalan-jalan, kita bisa bayar pajak. Sangat membantu. Kebetulan saya libur hanya hari Minggu,”ucap salah satu warga saat mengantre pajak.

Komper Wardopo