blank
Warga mengevakuasi korban senderan longsor di belakang Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Hujan deras yang turun sejak siang tadi, menyebabkan senderan Kantor Kecamatan Watumalang Wonosobo longsor, Rabu (17/2), sekitar pukul 13.30 WIB.

Material longsoran menimpa warung milik Aan Evi, warga Welahan Wonoroto Watumalang. Seorang warga yang tengah berteduh di warung tertimbun tanah longsor dan meninggal dunia.

Kasi Trantib Kecamatan Watumalang Ony Wiyono melaporkan korban meninggal, yakni Sutrisno (50), warga Desa Manggis RT 01 RW 01 dan Darmo (58) warga dan Darmo (58) warga Jonggolsari Kabupaten Wonosobo.

“Korban meninggal dunia pemilik lahan salak di bawah Kantor Kecamatan Watumalang. Korban tadi tengah panen salak. Tapi karena hujan deras, terus berteduh di warung dan diterjang longsoran tanah,” ujarnya.

Luka Berat

blank
Lokasi senderan longsor di belakang Kantor Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Warung yang tertimpa tanah longsor, berada persis di bawah senderan Kantor Kecamatan Watumalang. Sehingga saat senderan longsor langsung menimbun seluruh bangunan warung.

Satu warga lain, Marwoto (58), warga Manggis Leksono mengalami luka berat. Keduanya juga sedang berteduh di warung karena saat itu hujan turun cukup deras dan disertai angin kencang.

Kepala BPBD Wonosobo Zulfa Akhsan Alim Kurniawan mengatakan senderan yang longsor setinggi 4 meter dengan panjang sekitar 15 meter. Relawan BPBD, personil TNI-Polri dan Tim SAR langsung diserahkan untuk menyingkirkan material longsoran.

“Korban luka berat langsung dilarikan ke Puskesmas Watumalang untuk dilakukan perawatan medis. Sedang korban meninggal dunia dibawa ke RSUD KRT Soetjonegoro dan selanjutnya diserahkan pihak keluarga,” terangnya.

Muharno Zarka