blank

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Hujan disertai angin kencang menerjang Kecamatan Nguter dan Bulu pada Rabu (17/2/2021) siang. Dua rumah warga rusak setelah tertimpa pohon tumbang.

Selain itu pohon tumbang juga sempat menutup akses jalan penghubung antar desa. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan,
dari inventarisasi sementara pohon tumbang dilaporkan di Kecamatan Bulu. Yakni di Desa Bulu, Tiyaran, Kunden dan Ngasinan. Kemudian di Kecamatan Nguter pohon tumbang terjadi di Desa Baran.

“Hujan dengan angin kencang terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Memang ada sejumlah rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang,” ujarnya.

Rumah yang rusak itu milik warga Dukuh Jaraman RT 02 RW 06. Sedangkan di Dukuh Bulu dan Desa Tiyaran, dan Kunden pohon tumbang dan melintang di jala.

“Di Kecamatan Nguter terjadi di Dukuh Tegalpancing, Desa Baran. Dimana pohon tumbang jenis jati menimpa sebagian atap rumah milik Sri Amini,” ungkap Sri Maryanto.

Atas kejadian itu petugas BPBD bersama sukarelawan dan warga melakukan pembersihan lokasi pohon tumbang. Pembersihan dilakukan untuk membuka akses jalan yang tertutup pohon.

Disatu sisi, pihaknya meminta kepada warga untuk mewaspadai ancaman hujan dengan angin kencang hingga akhir bulan ini.

Warga diminta tidak berteduh di bawah pohon terutama saat hujan deras disertai angin kencang. Sebab dinilai rawan terjadi pohon tumbang.

Wib