Muatan gabah yang diangkut truk colt H 1792 N tumpah ke badan jalan pasca insiden tersebut. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah truk bermuatan gabah terguling pada Senin (15/2/2021). Peristiwa ini terjadi pada pukul 21.30 WIB di Jalan Purwodadi – Blora Km 5,3 atau wilayah Dusun Plosonambangan, Desa Rejosari, Kecamatan Grobogan.

Dari informasi yang diperoleh, truk Colt Diesel H 1792 N melaju dari arah timur ke barat. Sesampainya di tempat kejadian, truk yang dikemudikan Moh Khairi (27), warga Wonosalam Kabupaten Demak, mengambil jalur jalan sebelah utara. Hal itu dilakukan pengemudi untuk menghindari jalur yang bergelombang.

Nahas, situasi jalan yang gelap karena tidak adanya penerangan jalan membuat sopir kurang dapat mengendalikan laju kemudinya. Dalam waktu singkat, truk tersebut terguling di bahu jalan sebelah utara.

“Pengemudi truk Colt Diesel H 1792 N ini mengambil jalur jalan sebelah utara, namun karena situasi gelap malam hari tidak ada lampu penerangan jalan dan tetap melewati jalan bergelombang, sehingga truk berjalan tidak terkendali, lalu terguling ke bahu jalan sebelah utara dengan bagian roda sebelah kiri diatas dan muatan gabah tumpah,” jelas Kanit Laka Lantas Polres Grobogan, Iptu Setyo Budi, saat dikonfirmasi.

Iptu Setyo Budi menerangkan, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Pihaknya juga menjelaskan, dari pemeriksaan yang dilakukan unit Laka Lantas pasca insiden tersebut, kondisi pada bahu jalan sebelah utara dari tanah keras tidak sama rata dengan badan jalan.

“Kemudian, bahu jalan sebelah selatan juga dari tanah agak lembek posisi, tidak sama rata dengan badan jalan. Keadaan tidak terlalu lebar,” jelas Iptu Setyo Budi.

Akibat insiden ini, Iptu Setyo mengimbau kepada pengemudi yang melintas di sepanjang jalan Raya Purwodadi-Blora agar berhati-hati. Terlebih, di sepanjang jalan tersebut sedang mengalami kerusakan, sempit dan minim penerangan di malam hari.

“Imbauan kami agar masyarakat tetap berhati-hati saat melintas di jalur tersebut. Tetap konsentrasi saat mengemudi sehingga tercegah dari insiden laka,” pungkasnya.

Hana Eswe