Pembagian masker oleh Komisariat IPNU - IPPNU MA NU FATA Petekeyan

JEPARA(SUARABARU.ID)- Ada sederhana yang dilakukan oleh Ikatan Pelajar Nadhdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nadhlatul Ulama (IPPNU) MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara dalam melawan Covid-19. Caranya menggelar aksi sosial pembagian masker gratis, Jum’at (12/2/2021) di 3 pasar rakyat desa Semat, Rau dan Petekeyan.

Menurut Kepala MA. NU Nahdlatul Fata, Drs. H. Nur Khandir, kegiatan ini dilakukan bertujuan membantu  pemerintah untuk mencegah penyeberan Virus Covid-19 dengan cara pembagian masker secara gratis. “Kami memilih pasar tradisional  karena pasar merupakan pusat aktivitas ekonomi masyarakat,” ujar Nur Khandir.

Kepala MA Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara bersama pembina dan pengurus Komisariat IPNU IPPNU

Kegiatan berbagi masker ini  juga untuk memotivasi siswa dalam membangun karakter kepedulian sosial dari siswa-siswi MA. “Ini sekaligus untuk mendukung pemerintah dengan adanya SE (Surat Edaran) PPKM Mikro (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro 8 Februari 2021 kemarin. ” terangnya.

HARAPAN Nur Khandir, kegiatan sosial ini juga mampu mendorong masyarakat untuk bersama-sama melawan virus corona dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Salah satunya memakai masker” ujar Nur Khandir.

Sedangkan  Ulil Abshor,  Waka Kesiswaan MA NU Nahdlatul Fata mengungkapkan  kasus  Covid-19 ini  sangat berdampak pada ekonomi masyarakat yang menurun. “Namun kegiatan jual beli di pasar rakyat atau tradisional tetap bergeliat karena kebutuhan masyarakat desa banyak tersedia di pasar rakyat. Karena itu pasar harus dijaga agar tidak jadi klaster,” ungkap Ulil Abshor.

Pembagian masker di tiga pasar tradisional

Bakti sosial ini menurut Ulil Abshor untuk mengingatkan  pedagang dan pembeli untuk mematuhi prokes (protokol kesehatan) tentang pentingnya memakai masker agar penyebaran covid tidak meluas.,” jelasnya.

Kegiatan berbagi masker ini diikuti oleh seluruh pengurus Komisariat IPNU-IPPNU MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan dengan Pramuka Ambalan Ki Ageng Abdillah dan Raden Ayu kemuning beserta guru Pembina dan pendamping kegiatan ekstrakurikuler.

Ketua Pengelola Pasar Rakyat Rau Kedung Jepara, Ali Rofi’i, memberikan apresiasi atas peran serta kader hebat Komisariat IPNU-IPPNU MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan yang melaksanakan gerakan berbagi masker di pasar. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pengembangan akhlakul karimah siswa”  tambah  Ali Rofi’i.

Hadepe – FR