blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi saat mengunjungi posko dan dapur umum Satbrimob Polda Jateng. Jum'at (12/2/2021). Foto : Dok. Humas Polda Jateng
SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi mengingatkan, jangan sampai ada klaster baru covid-19 di lingkungan pengungsian korban banjir, baik yang ada di Semarang maupun daerah lain di Jawa Tengah yang di landa banjir.
Oleh sebab itu, perlunya peran Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran covid-19 di lingkungan pengungsian korban banjir.
blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi didampingi Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol.Irwan Anwar,S.I.K.M.Hum, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, S.I.K, M.H. dan Komandan Kodim 0733/BS Kota Semarang Kol. Inf Yudhi Diliyanto saat kunjungan ke posko banjir di Kaligawe Semarang, Jumat (12/2/2021). Foto : Dok. Humas Polda Jateng
“Kunjungan kali ini, yang paling prioritas adalah dalam rangka penanganan covid-19. Jadi jangan sampai, para pengungsi yang terdampak banjir menjadi klaster baru di tempat pengungsian. Sehingga, dinas kesehatan setempat, sering kita imbau untuk melakukan kegiatan yang sifatnya pencegahan terkait dengan para pengungsi,” jelas Kapolda Jawa Tengah saat mengunjungi dapur umum dan posko siaga bencana banjir di Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jum’at (12/2/2021).
Dalam kunjungannya bersama TNI, Polri dan pemda setempat, lanjut Kapolda, adalah untuk melaksanakan peninjauan fasilitas yang ada di posko siaga bencana, seperti tenaga medis, sarana dan prasarana penunjang kegiatan di posko.
“Jadi kami bersama TNI dan Pemda setempat, telah membentuk Satgas terpadu untuk melakukan penanganan bencana banjir. Di Jawa Tengah yang masih menjadi perhatian, Selain Semarang adalah Demak dan Pekalongan Kota serta sebagian Pati. Kita dirikan posko dan dapur umum bersama potensi masyarakat di lingkungan sekitar,” ungkap Kapolda.
Kunjungan Kapolda Jawa Tengah,  sebagai rangkaian kegiatan bersama Forkopimda Kota Semarang, dalam rangka peninjauan korban bencana banjir di wilayah Kota Semarang tersebut, didampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, MHum, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, S.I.K, M.H. dan Pejabat Utama Polda Jateng, serta Komandan Kodim 0733/BS Kota Semarang Kol. Inf Yudhi Diliyanto.
Dalam kesempatan itu Kapolda Jateng beserta rombongan, juga melakukan pengecekan dapur umum milik Satbrimob Polda Jateng, yang  ada di posko banjir kelurahan Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.
Absa/wied-mul