blank
Anggota Satlantas Grobogan tengah memantau lalu lintas di jalur Semarang-Purwodadi, tepatnya di pintu masuk sebelah barat, Tegowanu. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Di beberapa titik wilayah pantura masih terdapat genangan banjir. Salah satunya di wilayah Kaligawe, Semarang, yang merupakan urat nadi kendaraan berat dari arah Surabaya atau Semarang.

Hal itulah yang membuat para pengemudi memilih lewat jalur tengah sebagai jalur alternatif. Jalur tengah yang dilewati memasuki wilayah Kabupaten Grobogan.

Baca juga Ke Candi Ngawen Gratis, Cuma Mengisi Buku Tamu

Hingga Rabu (10/2/2021) malam, petugas Satlantas Polres Grobogan melakukan pengaturan jalan di wilayah Tegowanu, yang merupakan pintu masuk Kabupaten Grobogan dari arah barat. Terlihat para personel melakukan pengaturan lalin kendaraan yang melewati jalur tersebut.

Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Sri Martini melalui KBO Lantas, Iptu Candra Bayu Septi membenarkan adanya kendaraan berat seperti truk tronton atau jenis kendaraan barang lainnya yang memilih lewat jalur tengah ini.

“Karena dari Kaligawe sampai Sayung banjir, para pengemudi memilih keluar dari tol Gayamsari menuju ke Grobogan,” jelas Iptu Candra, saat dikonfirmasi.

Baca juga Viral, Video Berdurasi 59 Detik Berisi Sejumlah Mobil Pecah Ban di Tengah Jalan Tol

Pihaknya menjelaskan, para personel Satlantas Grobogan telah disiagakan untuk melaksanakan pengaturan dan patroli di jalur Tegowanu-Gubug-Godong guna mengurai kemacetan yang timbul akibat limpahan arus dari pantura menuju ke Surabaya.

“Kita siagakan sepertiga personel Satlantas untuk antisipasi kerawanan potensi macet dan laka,” jelas Iptu Candra.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang melintas jalur tengah, khususnya di wilayah pintu masuk Kabupaten Grobogan sebelah barat agar berhati-hati. Sebab, jalur Tegowanu masih dilakukan perbaikan jalan.

“Tetap berhati-hati saat melintas jalur Semarang-Purwodadi ini. Hati-hati karena ada banyak jalan yang berlubang, terutama di wilayah Kecamatan Karangawen arah pintu masuk Kabupaten Grobogan,” tambah Iptu Candra.

Titik padatnya kendaraan bisa terlihat di bunderan Gubug yang situasinya ramai lancar. Namun pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar sabar dan memilih jalur alternatif lainnya.

Hana Eswe