blank
salah satu SPBU di Kudus yang tergenang banjir. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pertamina Marketing Operation Regional IV Jawa Bagian Tengah (JBT) memastikan layanan dan fasilitas tetap beroperasi dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG untuk masyarakat.

Pertamina menjamin seluruh distribusi BBM dan LPG masih berlangsung normal meski sejumlah wilayah di Jawa Tengah di antaranya Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati terendam banjir dalam beberapa hari terakhir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Marthia Mulia Asri, selaku pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, dalam ketarangan pers, Senin (8/2).

“Di Kudus terdapat 20 SPBU reguler dan 22 Agen LPG. Sementara di Pati ada 38 SPBU reguler dan 25 Agen LPG. Hingga saat ini semua fasilitas penyaluran kami masih beroperasi normal,” ujar Marthia.

Dirinya menambahkan bagi masyarakat yang hendak mengisi bahan bakar di SPBU agar tetap berhati-hati akan adanya potensi banjir di sejumlah ruas jalan.

“Kami akan terus memantau kondisi banjir terkini untuk melakukan mitigasi operasi di lokasi lainnya. Bila ada masyarakat atau konusumen yang kesulitan mendapatkan BBM maupun LPG dapat menghubungi kontak Pertamina 135,” terangnya.

Terkait proses pengantaran BBM, Marthia menjelaskan mobil tangki Pertamina masih dapat beroperasi meskipun terkendala di sejumlah ruas jalan yang tergenang banjir. Selain itu, dirinya juga menyampaikan angka realisasi konsumsi BBM dan LPG di wilayah Kudus dan Pati.

Di Kudus, saat ini rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline (produk Pertamax, Pertalite, dsb) berada di angka 283 kiloliter per hari, sementara BBM jenis gasoil (produk Pertamina Dex, Dexlite, dsb) berada di angka 175 kiloliter per hari. Untuk rata-rata konsumsi harian LPG berada di angka 92 Metric Ton per hari.

Sementara di Pati, rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline berada di angka 319 kiloliter per hari, sementara BBM jenis gasoil berada di angka 165 kiloliter per hari. Untuk rata-rata konsumsi harian LPG berada di angka 117 Metric Ton per hari.

Dirinya menekankan Pertamina akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Diharapkan masyarakat tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol Covid-19.

“Jika terdapat kendala dan kebutuhan informasi seputar layanan dan produk dari Pertamina, konsumen dapat memanfaatkan Pertamina Call Center di nomor 135 dan aplikasi MyPertamina,” tutupnya.

Tm-Ab