blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Kapolres AKBP Piter Yanottama dan Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara berdialog dengan pedagang daging di Pasar Tumenggungan, Sabtu 6/2.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guna memastikan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sekaligus “Gerakan Jateng di Rumah Saja” berjalan lancar, Wakil Bupati (Wabup) Kebumen Arif Sugiyanto mengecek langsung para pedagang di Pasar Tumenggungan, Sabtu 6/2.

Pemantauan protokol kesehata (prokes) di pasar terbesar di Kebumen itu dilakukan bersama Kapolres AKBP Piter Yanottama dan Komandan Kodim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang serta Kasastpol PP R Agung Pambudi. Kegiatan tersebut disertai pembagian masker gratis kepada masyarakat dan pedagang.

Wakil Bupati Arif Sugiyanto menjelaskan, kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti  Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Nomor: 443.5/0001159 Tentang Perpanjangan PPKM untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019. Kebijakan itu meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumahserentak pada Sabtu dan Minggu (6-7) Februari 2021.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memasang masker kepada seorang pedagang Pasar Tumenggungan.(Foto:SB/Ist)

Pemkab Kebumen, lanjut Wabup, mendukung penuh program tersebut dan sepakat melarang seluruh pasar modern untuk ditutup. Terkecuali pasar tradisional boleh buka dengan catatan harus menerapkan prokes secara ketat. Hal ini dilakukan agar ekonomi masyarakat tetap berjalan normal.

‘’Kegiatan ini untuk memastikan protokol kesehatan di pasar tradisonal berjalan tertib dan masyarakat bisa tetap melaksanakan ativitas dengan begitu ekonomi masyarakat juga tetap berjalan,’’ujar Arif yang juga Calon Bupati Kebumen Terpilih itu.

Di sisi lain Arif menilai PPKM sangat efektif dan penting sehingga harus ditaati masyarakat agar kasus Covid- 19 di Kebumen bisa ditekan.Terlebih saat ini angka kematian karna covid tinggi, yakni mencapai 3,7 persen.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara memasang masker kepara pengunjung Pasar Tumenggungan.(Foto:SB/Ist)

Masyarakat harus mengetahui bahwa wabah Coronaini tidak akan hilang selama-lamanya dan salah cara agar terhindar adalah dengan penerapan prokes sesuai anjuran pemerintah.‘’Saya jelaskan bahwa wabah ini tidak akan hilang sampai kiamat, hanya ada satu cara supaya tidak tertular, yaitu penerapan protokol kesehatan,’’ucapnya.

Adapun dari hasil pengetatan pembatasan dua hari ini, nantinya akan dilakukan tracing dan evaluasi kembali. Wabup mengimbau agar masyarakat selalu mematuhui prokes  dan mendukung program pemerintah untuk penanganan Covid-19.  Salah satunya vaksinasi yang hingga kini masih berlangsung.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, kegiatan pengecekan dan sekaligus pembagian masker itu merupakan yang kelima kalinya dilakukan Polres Kebumen. Di beberapa titik dijumpai tingkat kesadaran menaati prokes masih rendah.  Namun di Pasar Tumenggungan dinilai sudah cukup baik.

‘’Kegiatan bagi-bagi masker ini sudah hari kelima dan dari hasil pantauan tadi kami rasa sudah cukup baik. Masyarakat tidak ada yang melepas masker. untuk masker yang kita berikan berupa masker kain, jadi bisa dicuci dan dipake kembali. Masyarakat nantinya tiap hari tidak lepas dari masker,’’ujar Kapolres.

Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang menyatakan, untuk pengamanan PPKM, pihaknya siap membantu dan mendukung penuh kebijakan tersebut. TNI juga turut membantu mengedukasi masyarakat pentingnya mematuhi prokes agar kasus pandemi bisa ditekan.

‘’Secara keseluruhan kita siap diperbantukan mendukung kebijakan PPKM dan kita tak henti- henti membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya Prokes,’’ucap Dandim.

Komper Wardopo