blank
Relawan dari guru-guru SD N 1 Dorang saat memberikan bantuan nasi bungkus kedaerah terluar yang dilanda banjir paling parah.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah sempat dilanda banjir selama 6 hari, kini kondisi Dorang telah mulai pulih. Bahkan relawan yang selama ini  membantu masyarakat telah ditarik Jumat kemarin.

“Sejak kemarin siang posko bencana di Desa Dorang  sudah ditutup dan selepas mahrib tim sudah meningalkan lokasi,” ujar  Satlak BPBD Arwin Noor Isdiyanto.

blank
Ketua PGRI Jepara Drs Subandi saat menyerahkan bantuan yang diterima oleh Peetingi Desa Dorang.

“Namun sejak semalam karena hujan lebat air naik kembali sekitar 10 Cm. Namun kondisi masih aman,” ujar Petinggi Dorang Arif Supratiknya yang dihubungi SUARABARU.ID Sabtu ( 6/2-2021) siang. Akses jalan dari beberapa wilayah RT di Dorang Kidul dan Tapen  ke Dorang masih terhambat banjir yang masih menggenangi jalan hingga belum bisa dilalui kendaraan roda dua, tambahnya.

Sampai ditutup kemarin, di pos bencana masih ada sisa beras dan  mie instan yang kemudian di serahkan ke Pemerintah Desa  Dorang untuk  diatur pendistribusiannya, tambah Arwin.

Terkait dengan bantuan,  Petinggi Dorang mengungkapkan, sampai hari ini masih terus berdatangan. “Oleh sebab itu atas nama masyarakat Dorang  kami menyampaikian ucapan terima kasih kepada  semua pihak yang telah ambil bagian untuk merikankjan beban warga dan  menangani banjir di Dorang. Juga para relawan yang telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa,” ujar Arif Supratriknya.

blank
Bantuan dari SKIn Chapter Jepara

Banjir di Dorang memang memantik munculnya semangat kemanusiaan yang cukup tinggi dari warga Jepara. Banyak eleman masyarakat yang kemdian tergerak untuk membantu meringankan beban  warga terdampak yang jumlah mencap[ai 1.005 KK lebih. Mereka  berada di  12  di Dukuh Dorang Kidul dan Gempol Tapen.

Sementara 150 ha tanaman padi dilaporkan terendam beberapa hari. Disamping itu terdapat 1 rumah warga yang rusak parah dan nyaris roboh di Dukuh Gempol Tapen. “Batang pisang yang digunakan untuk rakit oleh warga juga masih berserakan.,“ ujar Petinggi Dorang.

blank
FK – GTT Jepara juga memberikan bantuan ke Desa Dorang

Bantuan kemanusian kepada warga terdampak di Dorang memang cukup besar, diantaranya dari Polres Jepara, Forum Komunikasi Guru Tidak Tetap Jeapara,  KKG PAI Kalinyamatan, Partai Nasdem,  PGRI Jepara dan juga dari SKIn  Chapter Jepara. Bantuan dari PGRI berupa mie instan, air mineral, minyak goreng,gula , pampers serta masker diberikan oleh Ketua PGRI Drs Subandi. Sedangkan dari SKIn Chapter Jepara diserahkan oleh ketuanya, Beny VG.

Hadepe – ua