blank
JC Kristan

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Generasi Muda Khonghucu (Gemaku) Indonesia mendukung imbauan pemerintah dalam hal ini Menteri Agama Republik Indonesia tentang perayaan imlek secara sederhana dan dilaksanakan secara virtual.

Menurut Ketua Gemaku, JS Kristan, Imlek bagi umat Khonghucu memang merupakan momentum sakral guna refleksi diri yang didalamnya syarat dengan nilai-nilai spiritual yang diikuti dengan rangkaian upacara ritual peribadahan yang umumnya dilaksanakan oleh umat Khonghucu di indonesia.

Namun dalam kondisi pandemi seperti ini, sudah selayaknya umat Khonghucu mementingkan kepentingan yang lebih besar tentang Indonesia bebas pandemi. Memutus mata rantai covid-19 dengan mengikuti imbauan pemerintah untuk melaksanakan imlek secara sederhana, menjalani rangkaian ritual peribadahan secara virtual, juga menahan diri untuk melaksanakan pertemuan-pertemuan keluarga secara masif.

Terlebih dalam kondisi saat ini, umat Khonghucu sejatinya dapat menjauhi kesan ‘bermewah-mewahan’ dalam perayaan Imlek tahun ini.

Syukur dan Introspeksi

Dikatakan, substansi nilai-nilai Imlek dalam pemahaman agama Khonghucu ialah tentang momentum syukur dan introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depan.

Memang belum hilang dari ingatan tentang munculnya kesan ketidakpedulian pemerintah kepada umat Khonghucu indonesia, sebaimana diawali oleh Presiden Keempat Indonesia, Almarhum Gus Dur, namun umat Khonghucu indonesia ialah bagian dari masyarakat indonesia yang sejatinya tetap terus menjunjung dan mendahulukan kepentingan bersama, bukan pribadi dan kelompok seperti yang tersurat dalam ajaran agama Khonghucu.

Maka dari itu, Gemaku selalu mendukung upaya-upaya terbaik dalam setiap kebijakan pemerintah guna kepentingan bersama, dalam hal ini ibadah Imlek secara sederhana dan virtual dari rumah masing-masing, serta tidak melakukan pertemuan-pertemuan keluarga secara masif.

”Marilah kita menahan diri, selalu berhati bagai berjalan di lapisan es yang tipis, bak berdiri di atas tembok yang miring retak. Ujian yang datang dari Tian niscaya dapat dihindari, namun bahaya yang dibuat sendiri niscaya tidak dapat dihindari.”

”Selamat melaksanakan Hari Raya Imlek 2572 Kongzili. Senantiasa Tian memberkahi kita semua. Shanzai,” ungkapnya.

mm