blank
Foto Siberindo.co

PARIAMAN (SUARABARU.ID)– Wali kota Pariaman Genius Umar menyambut langsung kedatangan wisatawan yang bermalam di Pulau Angso Duo, muaro Pariaman, Senin (18/1/2021) pagi.

Diketahui para wisatawan bermalam di Pulau Angso Duo ini dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat: angin kencang disertai ombak yang tinggi dan besar.

“Kami mendapat kabar bahwa cuaca yang buruk dimulai pada pukul 4 sore kemaren (Minggu). Banyak wisatawan yang berwisata ke Pulau Angso Duo, sehingga kami mengambil kebijakan untuk keselamatan para wisatawan tersebut, mereka kita inapkan di Pulau Angso Duo sampai cuaca membaik,” tukas Genius Umar.

Pulau Angso Duo menjadi primadona kunjungan wisawatan ke Kota Pariaman, apalagi di hari libur atau akhir pekan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana, namun karena cuaca yang tidak bersahabat, mereka tidak bisa kembali ke daratan di hari yang sama.

“Setelah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, baik Dinas Pehubungan, BPBD, Pol PP & Damkar, Pol Air, Kodim 0308 Pariaman, maupun Koperasi Wisata Bahari, demi keamanan dan keselamatan mereka, seluruh wisawatan kita inapkan di cottage dan mushala yang ada di Pulau Angso Duo, logistik untuk makan malam mereka sudah kita kondisikan di sana,” tambahnya.

“Pagi ini seluruh wisatawan tersebut sudah kembali dengan selamat ke daratan. Mereka juga dicek kesehatanya oleh Dinas Kesehatan, Alhamdulillah seluruhnya dalam keadaan sehat, dan mereka juga tidak syok atau cemas selama menginap di pulau angso duo,” tutupnya.seperti dilansir suarabaru.id grup Siberindo.co

Salah seorang wisatawan yang berasal dari Payakumbuh, Eep, mengatakan dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pemko Pariaman yang telah memfasilitasi keperluan mereka selama menginap di Pulau Angso Duo.

“Awalnya kami juga merasa sedikit was-was tidak diperkenankan kembali ke daratan karena cuaca buruk. Tetapi kami juga menyadari, semua kebijakan itu untuk keselamatan kami. Alhamdulillah kami diinapkan di cottage yang ada di sana, dan untuk makan malam pun kami difasilitasi,” ujarnya menjelaskan.

Dirinya datang bersama keluarga yang berjumlah 10 orang. Dua di antaranya masih balita. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemko Pariaman atas semua perhatiannya kepada keluarga dan wisatawan yang bermalam di Pulau Angso Duo.

“Kami juga tidak menyangka, sampai di daratan kami disambut langsung oleh Pak Walikota Pariaman, dan keluarga juga dicek kesehatannya dan diberi obat. Pengalaman ini tidak membuat kami jera untuk berwisatawa ke Kota Pariaman,” tuturnya.

Hadir juga dalam penyambutan wisatawan ke daratan ini Dandim 0308 Pariaman Letkol Dwi Titan Jatmiko beserta jajaran Kodim 0308 Pariaman, Kepala BPBD Azman, Kadis Perhubungan Yandrileza, Kadis Kesehatan Nazifah, Kadis Pil PP & Damkar, Elvis Candra, Kadis PMPTSP & Naker, Alfian Harun, Kadis Pariwisata Dwi Marhen Yono, dan para pegiat wisata pulau baik pengusaha kapal maupun pengamanan pantai.

CLAUDIA