blank
Dirut PDAM Tirta Aji Wonosobo Mochammad Sjahid ketika menyampaikan konferensi pers. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo Mochammad Sjahid mengatakan perusahaan daerah yang dipimpinnya di tahun 2021 ini siap melakukan transformasi digital dalam melakukan pelayanan ke masyarakat.

“Transformasi pelayanan digital musti dilakukan untuk menjawab tantangan zaman. Di Indonesia baru dua PDAM yang menggunakan aplikasi billing sistem, yakni PDAM Malang dan PDAM Tirta Aji Wonosobo,” katanya.

Dia mengatakan hal itu, saat menggelar konferensi pers di sela-sela acara tasyakuran HUT ke-45 PDAM Tirta Aji di Ruang Rapat Direksi, setempat, Rabu (3/2). Turut mendampingi Dirut, Direktur Adminustrasi dan Keuangan (Dirak) Nur Aziz dan sejumlah Kepala Seksi PDAM Tirta Aji.

Menurut Sjahid, melalui aplikasi billing sistem, segala pelayanan pembayaran tarif air dilakukan secara online, di mana dan kapan saja. Aplikasi digital tersebut akan memberi kemudahan, kecepatan dan transparansi bagi pelanggan air bersih.

“Sistem ini memang akan membawa konsekuensi terhadap pengurangan peran karyawan. Karena semua sudah terintegrasi dalam satu sistem online yang secara langsung bisa dilakukan pelanggan,” sebutnya.

Tenaga Ahli

blank
Dirut PDAM Tirta Aji Wonosobo, Muh Sjahid. Foto : SB/Muharno Zarka

Penyiapan tenaga ahli tehnologi informasi (IT) untuk melakukan transformasi digital, lanjut dia, sudah dilakukan. Saat ini sudah disiapkan tenaga ahli IT dari kalangan milenial yang diharapkan bisa mengawal billing sistem berjalan lancar.

“Dalam tiga sampai empat bulan ke depan, PDAM Tirta Aji insya Allah sudah punya server sendiri secara mandiri. Dalam proses peralihan aplikasi pelayanan ini mungkin akan ada sedikit hambatan yang dialami pelanggan. Tapi selanjutnya dijamin akan berjalan secara lancar,” tegasnya.

Dikatakan Dirut, PDAM Tirta Aji kini memiliki 102.107 pelanggan yang tersebar di 15 Kantor Cabang. Hanya di wilayah Kecamatan Kalibawang yang belum dapat teraliri air bersih. Namun ke depan diusahakan semua daerah dapat terlayani persediaan air bersih.

“Di Jawa Tengah jumlah pelanggan PDAM Tirta Aji merupakan yang terbesar kedua setelah PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Dari sejumlah pelanggan tersebut, ada sekitar 42 ribu pelanggan yang merupakan kelompok masyarakat miskin,” tuturnya.

Guna tersedianya pelayanan air bersih, pihaknya kini akan terus melakukan penambahan sumber air bersih di berbagai tempat. Sehingga cakupan pelayanan air bersih akan bertambah banyak. Air bersih PDAM Tirta Aji juga dikenal punya kualitas yang sangat baik.

Muharno Zarka