Plh Bupati Demak, saat meninjau lokasi banjir dan menyerahkan 300 paket sembako di Desa Pecuk, Mijen. Foto: dok/ist

DEMAK (SUARABARU.ID)– Sekitar 300 paket sembako diserahkan Plh Bupati Demak Djoko Sutanto, untuk warga DI Desa Pecuk, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, yang terdampak banjir, Rabu (3/2/2021).

Ratusan paket sembako diserahkan kepada Kepala Desa Pecuk, Suroso. Ikut menyaksikan penyerahan bantuan, Kepala Dinsos P2PA Eko Pringgo Laksito, Kepala BPBD Agus Nugroho LP dan Ketua Baznas Kabupaten Demak, Bambang Susiearto dan forkopimcam Mijen.

Menurut Kades Pecuk, Suroso, wilayah ini sering menjadi langganan banjir di setiap musim penghujan. Dan saat ini warganya yang terdampak banjir ada sebanyak 150 KK.

BACA JUGA : Pelayanan KB Disiapkan untuk Membangun Generasi Berkualitas

”Di desa ini sudah menjadi langganan banjir bila musim penghujan. Saat ini warga kami yang terdampak banjir tercatat sebanyak 150 kepala keluarga,” kata Suroso dihadapan Plh Bupati Demak.

Melihat kondisi demikian, Plh Bupati berpesan pada pemerintah Desa Pecuk, untuk menganggarkan pembuatan konstruksi sheet pile atau trucuk beton.

”Saya minta Pemdes menganggarkan pembuatan trucuk beton itu, melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Apabila desa baru mampu 100 meter ya dilakukan secara bertahap. Jika baru mampu 50 meter ya 50 meter dulu,” jelas Djoko Sutanto.

BACA JUGA : Ajakan Habib Lutfi bin Ali Yahya Bikin Adem

Diungkapkan dia, dengan adanya pembuatan konstruksi sheet pile itu, diharapkan air tidak akan masuk ke permukiman warga, dan masalah banjir di Desa Pecuk dapat teratasi.

Kabag Prokompim Agung Hidayanto juga menyampaikan, banjir di Desa Pecuk ini akibat hujan yang terus mengguyur Kota Wali, juga di wilayah hulu sungai, sehingga debit air sungai meluap. Akibatnya mengikis tanggul dan masuk ke pemukiman warga.

”Curah hujan yang cukup tinggi baik di Demak maupun wilayah hulu sungai, mengikis tanggul dan airnya melimpas, sehingga menggenangi pemukiman,” tandasnya.

Rudy-Riyan