blank
Memakai masker masih menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan covid-19 yang efektif

JEPARA (SUARABARU.ID) – Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Senin ( 1/2-2021) malam mengumumkan kembali 42 orang warga Jepara yang terkonfirmasi Covid-19.  Jumlah tersebut berasal dari 179  sampel yang diperiksa di laboratorium PCR.

Dengan demikian positif rate harian Jepara kemarin mencapai 34,31 %.  Angka ini hampir 6 kali lebih besar dari angka patokan badan kasehatan dunia WHO sebesar 5 %. Jumlah ini juga menunjukkan angka penyebaran Covid-19 di Jepara sangat tinggi.

“Harapan kami satgas disemua tingkatan harus lebih konsisten dan tegas dalam menjalankan aturan yang telah dibuat,” ujar Tigor Sitegar. Sebab jika tidak tentu Covid-19 akan semakin sulit dikendalikan. Disamping testing dan trecing tentu harus diimbangi dengan upaya pencegahan, tambahnya

Dengan penambahan yang diumumkan semalam, dalam portal resmi satgas diumumkan  total akumulasi warga yang terkonfirmasi virus corona adalah 5.589  orang. Dari   jumlah tersebut,  warga Jepara yang saat ini masih dalam status positif terinfeksi adalah  1.177 orang atau sebesar 21,06 %.  Sementara warga Jepara yang meninggal dalam status positif, suspeck  dan probable adalah 355  orang atau 6,35 %.

Dari 1.219 orang yang masih dalam status positif, pada portal resmi Satgas Covid-19 Jepara juga ditampilkan data, 119 orang dirawat di rumah sakit. Dari  jumlah tersebut, 73 orang (61,34 %)  justru dirawat di rumah sakit yang ada di luar daerah seperti Kudus, Demak dan Semarang. Sementara yang dirawat di rumah sakit di Jepara hanya 46 orang (38,65 %).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mudrikatun serta Juru Bicara Covid-19 Muh Ali yang diminta tanggapannya belum memberikian jawaban terkait dengan banyaknya warga Jepara yang dirawat di luar daerah.

Hadepe.