blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri depan) memimpin langsung kegiatan Woro-woro yang ditandai pula dengan pembagian ribuan masker secara cuma-cuma kepada warga.

WONOGIRI (SUARABAU.ID) – Lazimnya dalam operasi yustisi penegakan disiplin (Gakplin) protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona, warga yang tidak bermasker diberi sanksi. Tapi, Selasa (2/2), tidaklah demikian. Karena yang tidak bermasker, malah diberi pembagian masker secara cuma-cuma.

Aksi pembagian ribuan masker secara gratis ini, dilakukan dalam kegiatan Woro-woro jajaran Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Christian Tobing. Kegiatan yang disinergikan dengan jajaran TNI Kodim 0728 Wonogiri ini, digelar di Pasar Ngadirojo (9 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Kapolres didampingi Kabag Ops Kompol Agus Pamungkas dan Kapolsek Ngadirojo AKP Subroto, memimpin pembagian gratis kepada para bakul dan pengunjung pasar. Juga kepada para awak kendaraan umum dan calon penumpang yang menunggu bus di shelter Ngadirojo.

blank
Awak kendaraan yang mangkal di Shelter Ngadirojo, menerima pembagian masker gratis dari Kapolres AKBP Christian Tobing (kiri). Saat melakukan kegiatan, Kapolres didampingi Kabag Ops Kompol Agus Pamungkas (tengah).

Sebanyak 10.500
Kasubag Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, dalam kegiatan Woro-woro tersebut, Polres Wonogiri mebagi-bagikan sebanyak 10.500 masker secara cuma-cuma kepada warga masyarakat. Diutamakan kepada warga yang tidak bermasker, atau yang maskernya telah lusuh dan perlu ganti.

Teknis pembagiannya, sebanyak 3.000 masker dibagikan langsung oleh tim yang dipimpin Kapolres AKBP Christian Tobing. Kemudian sebanyak 7.500 lainnya, pembagiannya dipimpin oleh 25 Kapolsek se jajaran di 25 wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Melalui kagiatan Woro-woro, Polres Wonogiri mengupayakan agar warga masyarakat tumbuh kesadaran untuk senantiasa bermasker dalam melakukan aktivitasnya. Khususnya, saat beraktivitas di luar rumah dan di tempat keramaian publik, seperti saat ke pasar atau ketika melakukan perjalanan dan berinteraksi dengan orang.

blank
Kegiatan Woro-woro Polres Wonogiri, disinergikan dengan jajaran TNI Kodim 0728 Wonogiri. Ditandai pembagian masker gratis sebanyak 10.500. Diberikan kepada warga yang tak bermasker atau yang maskernya telah lusuh dan perlu diganti.

Cegah Penularan
Tujuannya, untuk melakukan tindakan pengendalian dan pencegahan penularan, serta memutus mata rantai meluasnya pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. ”Pembagian masker secara serentak ini, dalam rangka penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM), untuk menekan laju penularan Covid-19,” tegas Kapolres AKBP Christian Tobing.

Melalui kegiatan kepolisian yang dikemas dalam aksi Woro-woro, jajaran Polri yang bersinergi dengan TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri, berupaya menyadarkan masyarakat agar senantiasa mematuhi Prokes pencegahan wabah virus corona.

Yakni dengan melakukan kegiatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas/interaksi.

Bambang Pur