blank
Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahaya Priambodo saat memberikan sambutan.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Polres Kendal melaunching “Aplikasi Kendal Siaga” di Kantor Balaidesa Karangayu Cepiring, Kamis(28/1/2021).

Acara ini dihadiri tamu undangan dari Forkopimcam, Forkopimda, Kepala Kesbangpol Kendal, Marwoto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferynando Radbonay dan sejumlah undangan lainnya.

Aplikasi Kendal Siaga ini, adalah salah satu program inovasi pelayanan publik atau terobosan kreatif untuk meningkatkan sinergitas antar instansi maupun lintas sektoral dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kendal.

“Melalui pelaksanaan launching “Aplikasi Kendal Siaga” ini, nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu langkah kita bersama di dalam mengimplementasikan perintah Presiden RI dalam menekan kasus Covid-19 di wilayah Jawa Tengah,”kata Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahaya Priambodo, dalam sambutannya.

Menurut Kapolres, Aplikasi Kendal Siaga ini, merupakan sekian banyak cara atau langkah Polres Kendal dalam menangani Covid-19 yang ada di Jawa Tengah, khususnya di wilayah Kabupaten Kendal.

Selain itu, melalui Aplikasi Kendal Siaga ini, diharapkan dapat menambah kesadaran masyarakat untuk semakin mengerti betapa pentingnya protokol kesehatan, agar terhindar dari Covid-19 dan penyakit lainnya.

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa penyebaran Covid-19 ini tidak bisa diperangi secara orang per orang. Akan tetapi, kita harus bersinergi menyamakan barisan, di dalam satu barisan antar aparatur pemerintah dengan masyarakat yang secara bergotong royong bersama- sama memerangi dan menekan penyebaran Covid-19,”papar Kapolres.

Menurut Kapolres, sebagai warga negara yang baik, pihaknya mengajak seluruh tamu undangan, untuk ikut serta dan berperan aktif di dalam memerangi penyebaran Covid-19, yang dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dan tentunya, tidak kalah pula untuk menerapkan pola hidup sehat, yang aktif serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Kapolres menyatakan, melihat situasi yang berkembang saat ini di tengah wabah Covid-19, banyaknya berita- berita isu sara atau hoax, yang tersebar di dunia maya seperti sosial media, dimana seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang mudah terjangkau oleh semua kalangan, dikawatirkan dapat berpengaruh dengan situasi Kambtibmas, dan mudahnya orang untuk terprovokasi.

Maka dari itu, Kapolres mengimbau kepada seluruh hadirin, tamu undangan agar lebih pandai dan bijak di dalam mencerna setiap berita yang diterima baik melalui media cetak, tulis maupun elektronik. Seperti sosial media, yang tentunya belum jelas dari mana sumbernya.

“Perlu diketahui, giat launching Aplikasi Kendal Siaga ini, juga sebagai sarana meningkatkan kesadaran dari warga masyarakat Kabupaten Kendal, khususnya Desa Karangayu, Kecamatan Cepiring, tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19 dan lebih aktif tentang perkembangan kasus Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kendal,”ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, terlebih lagi bagi mereka yang masih harus bekerja , beraktivitas di luar rumah dan mereka semua juga belum tahu akhir dari Covid-19 ini. Adapun salah satu hal yang baik dan bisa dilakukan saat ini adalah tindakan pencegahan agar wabah Covid-19 tidak mudah menular.

Dengan demikan, penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan dikurangi di dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru, dimana kita mengetahui bersama dengan didistribusikannya Vaksin Sinovac-19.

Untuk itu, Kapolres mengajak seluruh tamu undangan untuk, meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar wabah Covid-19 ini, dapat segera berakhir.

Selain itu, juga tetap meningkatkan informasi dan pengetahuan, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax atau isu yang beredar tanpa tahu keaslian berita tersebut.

“Kami juga mengimbau kepada bapak dan ibu tamu hadirin, tamu undangan agar selalu menjaga kebersihan diri dengan mengunakan masker, mencuci tangan, membawa hand sanitizer dan menerapkan pola hidup sehat aktif,”terang Kapolres.

Bupati Kendal terpilih, Dico M Ganinduto, yang hadir di acara ini, mengucapkan terima kasih dan bangga kepada Kapolres Kendal AKBP, Raphael Sandhy Cahaya Priambodo, atas dilaunchingnya Aplikasi Kendal Siaga ini.

Menurutnya, Aplikasi Kendal Siaga ini, adalah sesuatu yang inovatif karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat di era digitalisasi seperti sekarang ini.

“Ini menjadi awal yang baik dalam rangka untuk menindaklanjuti agar Covid-19 ini khususnya di Kabupaten Kendal cepat puluh kembali,”kata Dico M Ganinduto.

Menurut Dico, pemerintah dan kepolisian dituntut untuk selalu tanggap dengan membuka ruang interaksi kepada masyarakat. Hal tersebut, akan menumbuhkan rasa aman dan kepercayaan dari masyarakat.

“Saya berharap, kedepannya untuk membangun Kendal bisa lebih baik lagi dan Insya Allah bisa lebih cepat lagi. Dan kedepan bisa kami kolaborasikan antara OPD dengan Kepolisian. Yang tujuannya tentu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal,”harap Dico. Sp-mm