Tim pengbdian masyarakat Prodi Matematika FKIP Unissula brfoto bersama Mitra Unissula di Rowosari, Kendal. Foto: Tim

KENDAL (SUARABARU.ID) – Prodi Matematika FKIP Unissula melaksanakan pengabdian bagi Mitra Unissula di di Desa Bulak RT 3 RW 4, Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Pengabdian ini sebagai salah satu sarana dan upaya untuk meningkatkan minat belajar anak-anak setingkat SD pada masa pandemi covid-19.

Tim Pengabdian masyarakat ini diketuai Nila Ubaidah MPd, mengusung tema “Edukasi Pembelajaran Virtual Berbantuan Quizizz” dengan sasaran utamanya adalah anak-anak setingkat SD di desa tersebut, beserta edukasi pendampingan pembelajaran virtual bagi orang tua dari anak-anak.

Hal ini dilakukan karena sebagian besar latar belakang orang tua di desa tersebut belum sepenuhnya memahami penggunaan aplikasi pembelajaran virtual seperti WhatsApp, Google meet, zoom meeting, quizizz.com dan aplikasi-aplikasi lainnya.

“Ini merupakan pendampingan bagi anak-anak yang masih berada di tataran usia belia dan mengharuskan penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mendukung pembelajaran daring yang saat ini masih berlangsung,” ujar Ketua Pengabdian Masyarakat Nila Ubaidah, MPd.

Ketua RW desa Bulak RT 3 RW 4 Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, Maschon, SPdI juga menyampaikan keprihatinannya terhadap nasib anak-anak di desanya pada masa pandemi covid 19 seperti saat ini.

Anak-anak setingkat SD di Desa Bulak RT 3 RW 4 Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal semakin hari semakin menurun minat belajarnya karena tidak didukung oleh fasilitas yang memadai dan dukungan orang tua pun masih minim dalam pendampingan pembelajaran daring,” kata Maschon.

Dengan adanya agenda Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unissula, untuk mengedukasi orang tua di dalam pendampingan bagi anak-anaknya dan juga pengenalan aplikasi pembelajaran virtual berbantuan quizizz Anak-anak di desa Bulak RT 3 RW 4 Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal sangat antusias dan bahagia.

“Hal ini terlihat dari hasil Ratting pada laman quizizz.com berikut, meski pembelajaran hanya dilaksanakan via virtual menggunakan aplikasi WhatsApp Group, Google Meet, dan quizizz.com,: kata Nila Ubaidah.

**