blank
Ganjar Pranowo didampingi Plh Bupati Demak Joko Sutanto, saat meninjau ruang evaluasi, yang berfungsi untuk penanganan KIPI, di Puskesmas Demak l. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melakukan kunjungan mendadak di Puskesmas Demak l, yang merupakan lokasi pencanangan vaksin covid-19, pada Selasa (26/1/2021). Kedatangan orang nomor satu di Jateng itu disambut Plh Bupati Demak Joko Sutanto, dan Kepala Dinas Kesehatan Guvrin Heru Putranto.

Dalam kunjungan singkatnya yang tidak lebih dari 15 menit itu, Gubernur meninjau tempat pendaftaran pasien, ruang screening, ruang injeksi imunisasi dan vaksinasi, serta ruang evaluasi paska imunisasi, atau ruang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

”Saya harap Demak dapat menekan angka kelahiran stunting. Salah satu penyebabnya, didominasi kurangnya pengetahuan terhadap kesehatan dan gizi, baik sebelum hamil maupun pada masa kehamilan. Selain itu, kurangnya asupan ASI pada anak dan kurangnya makanan pengganti,” ujar Gubernur.

BACA JUGA : Sengketa Lahan Cebolok Berlanjut. Warga Tetap Melawan

blank
Saat tiba di halaman Puskesmas Demak l, Ganjar Pranowo langsung melakukan cuci tangan sebelum melakukan aktivitasnya. Foto: rudy

Menurut dia, sebagai aparatur negara, pihaknya gencar melakukan sosialisasi pencegahan stunting. Selain juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan di masa perpanjangan PPKM ini.

Sementara itu, Plh Bupati Demak Joko Sutanto juga melaporkan, bahwa angka stunting di Demak telah mengalami penurunan. Sedangkan untuk pencegahan covid-19, pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran kedua, terkait perpanjangan PPKM.

”Surat edaran perpanjangan PPKM telah kita sosialisasikan dengan melibatkan semua perangkat daerah. Semoga kali ini dapat bejalan dengan baik, seperti PPKM yang pertama,” jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur juga meninjau perkembangan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 di Kecamatan Sayung. Usai dari Demak, Gubernur dijadwalkan Mengunjungi RSUD Loekmonohadi, di Kabupaten Kudus, serta meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Mejobo, Kudus.

Rudy-Riyan