blank
Dokter Zulfachmi yang menyuntikkan vaksin pada Gubernur Jateng dan Wagub Jateng sedang menyiapkan jarum suntiknya. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dokter Zulfachmi Wahab tampak tenang ketika menusukkan jarum suntik berisi vaksin covid-19 kepada Gubernur Ganjar Pranowo. Jadi tidak gemetar seperti seperti Dokter Abdul Muthalib yang menyunting Presiden Joko Widodo.

Ternyata, dokter yang menyuntikkan vaksin ke lengan kiri Ganjar Pranowo itu teman bersepada atau teman gowe sang gubernur. Hampir setiap pagi, Dokter Zul selalu menemani Ganjar saat gowes keliling.

Yah, dokter Zul adalah salah satu dari beberapa teman gowes Ganjar. Setiap pagi, ia bersama Ganjar selalu bersepeda keliling ke sejumlah tempat untuk bersama-sama menjaga kesehatan.

Selain itu, mereka juga aktif melakukan edukasi pada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi berlangsung.

blank
Ganjar Pranowo menunjukkan lengan kirinya yang baru saja disuntik vaksin. Foto: Humas

“Rasa grogi sebagai manusia ya pasti ada, tapi alhamdulillah tadi lancar. Selain itu, saya dengan Pak Gubernur, Pak Wakil Gubernur ini kan sudah kenal dekat, selain menjadi dokter pribadi beliau, saya juga sekaligus teman gowes. Jadi sudah terbiasa dengan beliau,” katanya.

Selain itu, sebagai dokter senior spesialis penyakit dalam di RSUD Tugurejo, pekerjaan menyuntik lanjut dia sudah merupakan pekerjaan sehari-hari.

Sehingga, ia mengatakan tak ada yang istimewa dengan pelaksanaan vaksinasi saat ini. “Rasanya tidak ada yang istimewa, karena sudah merupakan pekerjaan setiap hari. Ya kesiapan mental saja, sambil memberikan motivasi untuk yang lainnya termasuk memberikan yang terbaik bagi bangsa,” ucapnya.

Apalagi setelah penyuntikan, Zul nampak lega karena Ganjar tidak menunjukkan gejala yang berarti.  Sebab biasanya, setelah imunisasi ada gejala yang disebut kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Tadi diminta menunggu 30 menit kalau ada gejala ikutan. Alhamdulillah semuanya tidak ada gejala dan pelaksanaan vaksinasi pertama ini berjalan lancar,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, program vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di Jawa Tengah pada Kamis (14/1/2021).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menjadi orang pertama yang divaksin di Jateng, disusul kemudian Wakil Gubernur, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda, Kajati, Wakil Ketua DPRD Jateng, Ketua Kanwil Kemenag Jateng, Ketua Ikatan Profesi Dokter dan Perawat dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Heri Priyono-wied