blank
Para prajurit TNI dari jajaran Koramil 07/Tirtomoyo Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai kerja bakti di lokasi tanah longsor Dusun Growong, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hujan deras telah memicu terjadinya bencana alam tanah longsor di Dusun Growong, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo (50 Kilometer arah tenggara Ibukota Kabupaten Wonogiri). Menyebabkan rumah milik Margono di RT 01/RW 10 rusak tertimbun material longsoran tebing.

Menyikapi musibah tersebut, Danramil 07/Tirtomoyo Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Cba) Suparna, Senin (11/1), mengerahkan anggotanya untuk melakukan penanganan di lokasi. Dipimpin Batuud Pelda Sucipto bersama anggota Babinsa, dilakukan kerja bakti massal membersihkan material longsoran, dengan melibatkan pamong desa, para relawan siaga bencana, dan warga masyarakat.

Kerja bakti yang diprakarsai oleh para prajurit TNI-AD ini, difokuskan pada tindakan darurat, yakni menyingkiran material longsoran yang menimbuni rumah Margono. Juga membuat selokan untuk mengarahkan aliran air, agar tidak memperparah kondisi longsor.

blank
Di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, para personel Koramil 11/Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, memimpin kerja bakti di lokasi bencana angin kencang. Untuk menyingkirkan pepohonan yang tumbang melintang jalan.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor ini. Tapi kepada warga masyarakat, diseru untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan ancaman longsor susulan. Terlebih lagi bila turun hujan lebat lagi.

Pohon Tumbang
Danramil 07/Tirtomoyo, Kapten (Cba) Suparna, menyatakan, menjadi tugas TNI untuk senantiasa membantu ketika terjadi bencana. Melalui kerja bakti ini, menjadi wahana mempererat tali persaudaraan dan hubungan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

blank
Bersama pamong desa dan warga masyarakat, jajaran Koramil 11/Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, melakukan penanganan di lokasi bencana angin di Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, Komandan Koramil 11/Manyaran, Kapten (Inf) Agus Priyanto, melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728/Wonogiri, menyatakan, telah memprakarsai kerja bakti massal untuk menyingkirkan pepohonan yang bertumbangan di lokasi bencana angin kencang.

Tujuannya, agar pohon tumbang yang melintang jalan, segera tersingkirkan untuk memulihkan kembali kelancaran akses hubungan darat. Kerja bakti massal ini dilakukan bersama pamong desa dan warga masyarakat.

Seperti pernah diberitakan, hujan deras yang disertai angin kencang, telah menyebabkan sejumlah pohon bertumbangan, dan memacetkan arus lalu lintas di Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran (35 Kilometer arah barat daya Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Bambang Pur