blank
Juergen Klopp/dok

LIVERPOOL (SUARABARU.ID) – Manajer Liverpool Juergen Klopp memastikan timnya tak akan mendatangkan pemain baru khususnya bek tengah pada bursa transfer Januari ini. Kondisi keuangan yang terimbas pandemi Covid-19 menjadi pertimbangan yang diambil manajemen The Reds. Si Merah dilanda krisis bek tengah setelah Virgil van Dijk dan Joe Gomez harus absen panjang karena cedera lutut. Satu bek tengah senior yang tersisa, Joel Matip, juga ikut-ikutan cedera.

Badai cedera itu membuat Klopp memainkan gelandang Fabinho sebagai bek tengah berduet dengan Rhys Williams atau Nathaniel Phillips yang minim pengalaman. Bahkan, saat dikalahkan Southampton awal tahun ini, Liverpool terpaksa menduetkan Jordan Henderson dan Fabinho di jantung pertahanan. Tuntutan mendatangkan bek tengah baru menjadi penting jika masih ingin mempertahankan gelar juara Premier League.

Namun, keinginan fans sepertinya tak akan kesampaian. Sebab, manajemen enggan mengeluarkan uang pada bursa transfer musim dingin ini. Klub-klub saat ini tanpa pemasukan dari tiket karena pertandingan digelar tertutup.

Manajemen klub kota pelabuhan itu tidak mau semena-mena mengeluarkan uang yang akan mempengaruhi kondisi finansial di masa depan. “Kondisi dunia tidak normal, dan saya tak mengerti mengapa kita menganggap seolah-olah sepak bola itu tidak terdampak seperti yang lain,” tutur Klopp seperti dikutip dari Guardian. Pelatih asal Jerman ini memahami kebijakan manajemen.

Saat ini bukan saatnya untuk belanja besar-besaran. ”Klub sepak bola mengandalkan pendapatan dari kehadiran penonton di stadion. Pandemi masih ada, dan kami harus menyesuaikan diri,” ungkap Klopp. Dia menambahkan sebenarnya tim memang membutuhkan tambahan paling tidak seorang bek tengah.

rr