blank
Pemakaman jenazah dilakukan secara Prokes pencegahan Covid-19 di TPU Ngoleh Desa Sidorejo, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri. Berlangsung tengah malam sampai dinihari. Dibantu dengan penerangan darurat.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam sehari semalam, enam jenazah dimakamkan secara protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lima kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Dua jenazah dimakamkan di Kecamatan Jatisrono, dan masing-masing satu jenazah dikuburkan di Kecamatan Selogiri, Sidoharjo, Giriwoyo dan Kecamatan Wonogiri Kota.

Dengan adanya penambahan 6 jenazah tersebut, maka dalam tempo 34 hari terakhir ini, di Kabupaten Wonogiri telah dikuburkan sebanyak 71 mayat secara Prokes pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Total pemakaman secara Prokes pencegahan wabah virus corona di Kabupaten Wonogiri, kini setidak-tidaknya telah mencapai sebanyak 147 jenazah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, enam jenazah yang dimakaman secara Prokes Covid tersebut, terdiri atas 5 mayat berjenis kelamin laki-laki dan satu mayat perempuan.

blank
Menandai selesainya pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan Covid-19, Satgas Pemakaman memanjatkan doa bersama untuk arwah yang mayatnya dikuburkan.

RSUD Wonogiri
Dua dari enam jenazah tersebut, merupakan pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri. Berikut masing-masing satu jenazah dari RSUD Dokter Moewardi Surakarta, RS Kasih Ibu Surakarta, RS Maguan Husada Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, dan RS Mulia Hati Kabupaten Wonogiri.

Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan di lima rumah sakit tersebut, yakni tempat dimana mereka menjalani perawatan sampai menghembuskan napasnya yang terakhir. Kemudian pemakamannya, dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri bersama para relawan. Berlangsung sepanjang pagi sampai petang, berlanjut sampai malam dan dinihari.

Para personel yang bertugas menguburkan terdiri atas aparat dari BPBD Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri dan tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas. Melibatkan pula para relawan, diantaranya relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri, relawan Search And Rescue (SAR) Wonogiri, relawan dari SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA) Wonogiri dan relawan dari Sibat Jatisrono Wonogiri.

blank
Penguburan 6 jenazah secara Prokes dilakukan di 5 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Salah satunya di Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri ini.

Relawan Desa
Juga melibatkan para relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wonogiri, relawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Wonogiri, relawan dari Desa Kepatihan dan Desa Pule Kecamatan Selogiri, serta relawan Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono

Pamong desa bersama warga dan juru kunci makam, ikut membantu membuatkan liang lahat. Juga memasang tenda untuk menyikapi gangguan cuaca karena turun hujan, serta mengusahakan penerangan darurat ketika penguburan berlangsung dalam situasi gelapnya malam.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, yang pertamakali dimakamkan adalah jenazah seorang pria berinisial KS (62), warga Dusun Ngoleh, Desa Sidorejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

blank
Pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan Covid-19, juga melibatkan para relawan dari berbagai komunitas, termasuk relawan desa.

TPU Ngoleh
Jenazah KS, pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri ini, dikuburkan di TPU Ngoleh, Desa Sidorejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Berlangsung mulai Pukul 00.40 sampai Pukul 01.10  dinihari.

Penguburan kedua, dilakukan pada jenazah pria berinisial LN (60) penduduk Lingkungan Josutan, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Jenazah pasien asal RSUD Dokter Moewardi ini, dimakamkan mulai Pukul 10.15 sampai dengan Pukul 11.45 di TPU Josutan, Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Pemakaman ketiga, dilakukan pada jenazah seorang kakek berinisial KB (75), warga Dusun Jatisari, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Jenazah pasien dari RS Kasih Ibu Kota Surakarta ini, dimakamkan mulai Pukul 13.30 sampai Pukul 14.05 di Ndalem Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

TPU Gempol
Keempat, dilaksanakan pemakaman jenazah pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, yakni pria berinisial P (65) warga Lingkungan Gempol, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Dikuburkan mulai Pukul 13.25  sampai Pukul 14.15, di TPU Gempol Kelurahan Kayuloko Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

blank
Satu dari enam jenazah yang dikuburkan secara Prokes pencegahan Covid, dimakaman di TPU Gempol, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Kelima, penguburan pada  jenazah wanita berinisial Ny K (50), penduduk Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Jenazah pasien dari RS Maguan Husada Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, ini pemakamannya berlangsung malam hari, mulai Pukul 19.15 sampai Pukul 20.15, di TPU Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo (65 Kilometer selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Keenam, penguburan jenazah seorang pria berinisial Std (63) penduduk Lingkungan Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan  Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Jenazah pasien dari RS Mulia Hati Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, ini dimakamkan di TPU Dudan, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri  Kota, Kabupaten Wonogiri.

Ikut hadir menyaksikan prosesi pemakaman enam jenazah tersebut, jajaran Forkompimcam dan Nakes Puksesmas dari lima kecamatan, bersama para aparat Pemerintah Desa/Kelurahan setempat serta perwakilan dari keluarga almarhum dan almarhumah.

Bambang Pur