blank
CEK LOKO - Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi mengecek lokomotif jadul yang bakal di pasang di Taman Pancasila. (foto: dok humas pemkot tegal)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi bersama pejabat PT KAI meninjau langsung lokomotif kereta api yang rencananya akan dipasang di Taman Pancasila Tegal, Senin (28/12) siang.

“Kami didampingi dari pihak PT. KAI melihat langsung lokomotif yang kemarin diberikan PT KAI kepada Pemerintah Kota untuk ditempatkan di Taman Pancasila. Alhamdulillah PT. KAI lokonya akan direstorasi dahulu, dikembalikan seperti semula, setelah itu kita angkut ke Taman Pancasila,” ujar Muhamad Jumadi usai melihat langsung lokomotif kereta di Depo Lokomotif Stasiun Kota Tegal.

Selain itu, Muhamad Jumadi mengucapkan terima kasih kepada PT KAI yang selama ini sudah kolaborasi bersama untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tegal.

“Agar taman yang sudah dibangun di depan stasiun itu menjadi lebih ada value-nya sebagai heritage, di depan ada garudanya, ada tugu yang memiliki nilai sejarah yang dibangun Presiden Soekarno, di belakangnya ada lokomotif sebagai lambang bahwa inilah kawasan Stasiun Kota Tegal yang kita cintai,” ujar Jumadi.

Jumadi juga menyampaikan bahwa perlu waktu sekitar satu minggu atau sampai awal tahun untuk merestorasi lokomotif.

“Insya Allah Januari, paling telat akhir Januari mudah-mudahan dapat ditempatkan di taman Pancasila. Lokomotif ini buatan Jerman tahun 1962, saya kira sudah cukup velue-nya sebagai heritage, sehingga dapat dinikmati masyarakat Kota Tegal, maupun sekitar atau dari mana saja yang datang ke Kota Tegal,” ujar Jumadi.

Sementara itu, terkait parkir kendaraan bermotor di area jalan Pancasila, Wakil Wali Kota menyampaikan saat ini sedang dicari lokasi yang tepat.

“Saat ini sedang kami carikan lokasi parkir yang pas, tidak boleh parkir di area Taman Pancasila, karena disitu area orang untuk jalan, menikmati taman sampai Alun-alun, Masjid Agung, Water Laideng dan Kantor Birao,” pungkas Jumadi.

Nino Moebi