blank
Bupati Jepara bDian Kristiandi dan anak-anak di Clering

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bupati Jepara Dian Kristiandi melakukan  panen raya bandeng di Desa Clering, Kecamatan Donorojo, pada Selasa (29/12/2020), pagi. Panen raya ini, sebagai bentuk pengembangan kemandirian ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat melalui perikanan tambak.

Menurut Dian Kristiandi, datangnya pandemi Covid-19 telah membawa dampak signifikan yang mempengaruhi setiap sendi kehidupan. Tak terkecuali pada sektor perekonomian dan pangan. Untuk itu, diperlukan inovasai baru yang dapat membangkitkan kemandirian ekonomi dan ketangguhan pangan.

blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi panen bandeng di Clering. ( Foto Dian Ardiansyah )

“Banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan unuk menggali potensi desa. Seperti halnya sumber pangan berupa ikan bandeng yang kita panen hari ini,”  ujar Dian Kristiandi.

Sebelumnya 2 kelompok budidaya di Desa Clering, yaitu Cemara Indah dan Bakau Jaya menyempaikan beberapa usulan yang selama ini menjadi kendala. Usulan tersebut diantaranya  teratasinya pendangkalan sungai, bantuan mesin penyedot pasir, serta akses jalan yg memudahkah kendaraan masuk ke sekitar tambak dan laut.

Menaggapi hal tersebut, bupati Dian Kristiandi meminta  kepada dinas terkait, untuk segera menindaklanjutinya. Khsusnya masalah pendangkalan air sungai. “Silahkan ditindaklanjuti, khususnya pendangkalan sungai. Sehingga tidak menghambat produksi bandeng di Desa Clering,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan Kabupaten Jepara Wasiyanto mengatakan, hingga November 2020, total produksi bandeng yang dihasilkan di seluruh Kabupaten Jepara adalah 8.443 ton. “Potensi ini, harus terus digenjot guna meningkatkan ketersediaan sumber gizi dan protein bagi masyarakat,” ujarnya

Dijelaskan oleh Wasiyanto,  sebaran tambak bandeng di Jepara, ada di Kecamatan Donorojo, dan Kecamatan Kedung. Untuk Kecamatan Kedung, biasanya bergantian dengan pemanfaatan garam. Ini terus akan kita dorong,” katanya.

Hadepe