Minggu (27/12), dua jenazah dimakamkan secara Prokes pencegahan wabah virus corona di Kabupaten Wonogiri. Penguburannya dilakukan di Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Wonogiri Kota.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Relawan dari Search And Rescue (SAR) dan relawan desa, Minggu (27/12), ikut dilibatkan dalam pemakaman dua jenazah. Prosesi penguburan yang dilakukan secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona, berlangsung di Kecamatan Wonogiri Kota dan di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Dengan penambahan pemakaman dua jenazah tersebut, ini menjadi penguburan jenazah secara Prokes pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Kabupaten Wonogiri yang ke 48 kalinya, di Bulan Desember 2020 sampai hari ke 27. Itu menambah jumlah penguburan yang dilakukan oleh Tim Covid Wonogiri, yang kini setidak-tidaknya telah mencapai sebanyak 125 jenazah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, yang dikuburkan Minggu (27/12), dua-duanya merupakan jenazah pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Pemakamannya dilakukan di dua lokasi terpisah, yakni di Kecamatan Baturetno dan di Kecamatan Wonogiri Kota.

Personel SAR dan Relawan Desa di Kabupaten Wonogiri, ikut dilibatkan dalam tugas penguburan jenazah yang dilakukan secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19.

Pemulasaraan Jenazah
Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, mengatakan, pemulasaraan kedua jenazah dilalukan oleh pihak RSUD Dokter Seodiran Mangun Sumarso Wonogiri. Yakni rumah sakit dimana keduanya menjalani perawatan.

Selanjutnya, penguburannya dilaksanakan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Wonogiri, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri. Dengan melibatkan tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas, relawan dari SAR Wonogiri, relawan SAR dari Majelis Tafsir Alquran (MTA) Wonogiri dan relawan desa.

Penguburan pertama, dilakukan pada jenazah seorang pria berinisial TM (64), warga Dusun Bulusari, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Pemakamannya berlangsung di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, mulai Pukul 11.30 sampai dengan Pukul 12.30.

TPU Belik Watu
Pemakaman kedua, dilaksanakan pada jenazah seorang pria berinisial S (55), warga Dusun Janglot, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Penguburannya berlangsung Minggu sore (27/12), mulai Pukul 15.11 sampai dengan Pukul 16.32 di TPU Belik Watu Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno (50 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Dua jenazah pasien RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Minggu (27/12), dikuburkan secara Prokes pencegahan wabah virus corona di Kecamatan Baturetno dan di Kecamatan Wonogiri Kota.

Dua jenazah tersebut, diangkut dengan mobil mayat langsung ke TPU, tanpa disemayamkan terlebih dulu di rumah dua. Warga dan pamong desa, membantu membuatkan liang lahat dan memasang tenda darurat di lokasi penguburan. Ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi bila turun hujan.

Ikut menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompimcam dan Nakes Puskesmas Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Wonogiri Kota, aparat pemerintahan desa Baturetno dan Bulusulur, beserta perwakilan dari kedua keluarga almarhum.

Bambang Pur